Friday, December 31, 2010

Mau ASI Banyak? Yakin Kuncinya... :D



Aku mau berbagi cerita masalah ASI ku yang berkurang berapa minggu aku masuk kerja setelah melahirkan.
Guna memberikan ASI Ekslusif kepada anakku, aku udah menyiapkan segala sesuatunya sebelum masuk kantor setelah selama 2 bulan cuti setelah melahirkan... uuuuhhhhh.... rasanya berat banget ninggalin Dzaky, diakan lagi lucu-lucunya... ga tegaaaaaaaa!!!!! tapi ya gimana lagi. AKU HARUS BISA!!!!
Menyiapkan peralatan untuk Memerah ASI di kantor agak membuatku berpikir "Ribet!" Awalnya aku berpikir begitu. Bayangkan aja setiap hari aku harus membawa cooler bag, botol penyimpan asi, pompa, lap... tapi setelah dijalani ga seribet bayanganku (makanya jangan bayangin yang ribet-ribrt)hehehehe...
Berapa minggu berjalan lancar,, tapi,,, tapi,,,, tapi apa yang terjadi dengan ASI??? Tiba-tiba ASI ku berkurang.. Kenapa ini??? AKu sedih... :( Bagaimana nasib anakku...
yang biasanya aku bisa mompa 150ml an sekali mompa, ini untuk mendapatkan 100ml aja begitu susah. Aku bertanya kesana kemari, ada teman sekantorku yang menyarankan agar aku makan sedikit nasi tapi banyakin sayur n protein serta susu... Aku lakukan itu, tapi kenapa masih aja kurang...??? padahal aku sudah minum suplemen pelancar asi jg....
Lalu dia menyarankan agar aku mompa pake tangan, pas pertama aku coba... aku dapet banyak!! :D senangnya... tapi belum maksimal...

Akhirnya aku putuskan untuk ke Klinik Laktasi Hermina Bekasi Barat.. Disana aku konsultasi ma dokter, aku lupa ga tanya namanya..hehehhee
Dia menerangkan banyak hal serta mengajarkan aku bagaimana cara memeras ASI dengan tangan... Bagaimana menyusui yang baik dan benar.... dan banyak lagi...
Menurut dia, syarat utama adanya asi yaitu adanya payudara...hehehe ya iya lah bu... aku jg tau,,,
menurut dia siapapun yang punya payudara bisa menyusui. tapi ada syarat lain jg yaitu hormon.. namanya hormon prolaktin dan hormon oksitosin,
Prolaktin mempengaruhi jumlah produksi ASI, sedangkan oksitosin mempengaruhi proses pengeluaran ASI. Prolaktin berkaitan dengan nutrisi ibu, semakin asupan nutrisinya baik maka produksi yang dihasilkan juga banyak.

Namun demikian, untuk mengeluarkan ASI diperlukan hormon oksitosin yang kerjanya dipengaruhi oleh proses hisapan bayi. Semakin sering puting susu dihisap oleh bayi maka semakin banyak pula pengeluaran ASI. Hormon oksitosin sering disebut sebagai hormon kasih sayang. Sebab, kadarnya sangat dipengaruhi oleh suasana hati, rasa bahagia, rasa dicintai, rasa aman, ketenangan, relaks.

Selanjutnya aku disarankan untuk meras asinya pake tangan,.. jadi lebih merangsang produksi asi. Awalnya aku ga tau cara meras asi yang benar.. ternyata kita harus meras asi di gudangnya, yaitu daerah sekitar aurola (itu lo bagian yang coklat..hehehe). Ternyata benar, saat aku coba meras di daerah itu, keluarnya banyak...aku senang..
Mulai saat itu aku selalu yakin asiku banyak dan cukup untuk anakku...
Terima kasih bu dokter atas pengetahuannya...
Dan terima kasih jg untuk suamiku tersayang yang selalu mendukungku, selalu menyemangati aku dan selalu setia serta sayang padaku...
Luv u honey.. muah.. :D

4 comments:

  1. Itu di hermina daftarnya gmn mba untk ke klinik laktasinya

    ReplyDelete
  2. Itu di hermina daftarnya gmn mba untk ke klinik laktasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu saya searching jadwal konsultasinya. terus langsung datang aja buk... Kalo bisa datangnya bareng sama anaknya ya coz mau dilihat juga pelekatannya apa udah bener apa belum. Pelekatan yang salah mempengaruhi kualitas menyusui juga.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete