Posts

Showing posts from 2014

Avent Sahabat Setiaku

Image
Pemberian ASI untuk anak saya yang pertama  diwarnai dengan drama yang begitu menguras hati, tenaga dan pikiran. Kala itu saya belum mengenal avent. Dengan susah payah saya berjuang mengumpulkan tetes demi tetes asi dengan tangan. Lecet di payudara pun tak terelakkan karena tekanan dari jempol tangan saya ketika memompa. Alhamdulillah anak pertama saya lulus asi eksklusif. 
Tak mau mengulangi kerisauan saat pemberian ASI eksklusif pada anak pertama, sejak hamil saya sudah berencana untuk memompa dengan menggunakan breastpump saja apalagi sekarang saya sedang kuliah lagi. Dengan jadwal kuliah yang padat, yang hanya memiliki waktu istirahat 30 menit sampai satu jam saja. Saya harus bisa berkejaran dengan waktu demi bisa memenuhi hak anak saya. Beruntung teman kelas saya menggunakan avent dan dialah yang mengenalkan kepada saya betapa asyiknya memompa ASI dengan avent. Saat itu saya hanya bisa berdecak kagum ketika dia memompa dengan cepat dan hasil yang melimpah. 
Akhirnya ketika saya …

Tulis-Tulis

Image
Bunda punya komitmen pada diri bunda sendiri sebisa mungkin tidak memaksakan anak untuk bisa baca tulis sejak dini. Biarlah mereka mengembangkan kemampuannya secara alami dan atas kemauan sendiri. Bunda yakin kalau memang sudah waktunya pasti nanti juga anak bisa sendiri dan mau belajar sendiri tanpa dipaksa. Ya mungkin sebagai orang tua kita tetap harus membimbing dan memberi arahan, dan bisa jadi paksaan untuk hal-hal yang bersifat wajib. Lebih tepatnya bukan paksaan tapi membiasakan anak melakukan kewajibannya sejak dini. Misal membiasakan anak sholat dan mengaji sejak dini. Kadang sebagai orang tua kita suka lupa. Beralasan bahwa anak masih kecil, belum ngerti atau kasihan maka kita tidak "memaksa" anak untuk melakukannya sejak dini. Kenapa pakai tanpa petik sih?? Ya karena seperti yang sudah bunda katakan sebelumnya memaksa bukan berarti berlaku keras tapi kita bisa dengan cara membiasakan sejak awal dengan cara yang menyenangkan. Ssstttt... tau tak.. sepanjang itu baru…

Mereka Mirip

Image
Banyak yang bilang mereka mirip. Ya Dzaky dan Hamzah mempunyai wajah yang sangat mirip. Lihat foto Dzaky pas waktu bayi yang sama plek sama wajah Hamzah sekarang. Mungkin ketika Hamzah sudah besar mereka bisa jadi terlihat seperti anak kembar tapi bisa jadi enggak. Wajah bayi kan katanya masih berubah-ubah.hihi
Tapi tingkah mereka berdua saat bayi sungguh berbeda. Dzaky anak yang cool. Susah banget bikin dia senyum. Digodain kayak apa juga tetep aja mukanya cuek bebek, gemesss deh. Lain Dzaky lain Hamzah. Hamzah sumeh (suka senyum dalam bahasa Jawa) banget anaknya. Digodain dikit senyum, diajak ngobrol senyum, dipegng pipinya senyum, iihhh gemeess. Persamaannya dua-duanya bikin bundanya gemes. hehe

Coba tebak mana yang Dzaky mana yang Hamzah?? ^^


Sama kan?? hihi
#postIseng


Kelahiran Hamzah

Image
Tanggal 9 Mei adalah hari perkiraan lahir putra keduaku. Sampai waktu itupun tiba, tak ada sedikitpun tanda-tanda kelahiran. Padahal aku berharap anak ini bisa lahir sebelum waktu UTS tiba. Dan sampai waktu UTS tiba, si dedek masih adem ayem di perut bunda.
Akhirnya bunda kuatkan hati pikiran dan berusaha tetep tenang dan fokus buat mengikuti UTS.. Alhamdulillah sampai hari ke tiga aku masih bisa fokus ujian. Tapi di hari ke tiga itu pulalah aku mulai was was. Gerakan si dedek mulai jarang dan enggak sekuat dulu. Mungkin wajar karena si dedek yang makin gede dan sulit bergerak, tapi karena udah lewat waktu bunda jadi dah dig dug duaarr..
Memang udah janjian ama obgyn hari kamis malam tanggal 14 Mei.. Nunggu dokternya lama banget karena dokternya lagi melakukan tindakan. Padahal udah enggak sabar banget buat tau keadaan si dedek. Berdoa berdoa dan berdoa yang bisa dilakukan.
Begitu obgyn datang, langsung diperiksa usg dan obgynnya cuma bisa kasih ekspresi geleng-geleng. Karena eman…

Aku Kembali

Sudah berapa lama ya blog ini enggak keurus? Aku kangen banget buat nulis, mencurahkan uneg-uneg di kepala. Kangen juga sama temen-temen juga. Enggak cuma libur nulis, tapi aku juga libur blog walking ke blog-blog teman-teman. Adakah yang kangen aku?? wakakak pertanyaan enggak penting banget deh..

Berapa bulan terakhir ini, aku mengalami masa yang bisa dibilang masa peralihan. Itu semua benar-benar menyita pikiran, tenaga dan mood nulisku.hahaha Alhamdulillah aku bisa lanjut sekolah, tugas belajar gitu ceritanya. Berhubung letak kampus yang lumayan jauh dari Bekasi, maka sempet galau banget mau bolak balik Bekasi-Bintaro apa mau ngontrak ya. Masing-masing ada plus minusnya pastinya. Dasar aku orangnya agak gampang galau, sukseslah semua itu bikin aku uring-uringan untuk beberapa saat. Sampai akhirnya aku dan suami mutusin buat ngontrak aja. Ternyata masalah enggak sampai disitu aja. Banyak hal yang menanti untuk dipikirkan dan didiskusikan. Dari dana buat ngontrak sampai nanti Dzakyny…

Hamil Kedua Ini....

Masuk minggu ke 29 ini perutku udah mulai gede dan keliatan hamil lo.. hahaha senangnya hatiku. Cukup tau aja, hamil kedua ini beda banget sama pas waktu hamil Dzaky dulu. Dulu jamannya hamil Dzaky itu aku makannya doyan banget, kalap malah. Makanya badannya juga cepet banget gedenya. Baru berapa minggu aja badan udah melar, pertambahan berat badannya juga dahsyat. Dari berat 66kg sampai 81,5kg pas menjelang melahirkan. Hihihi Bisa dibayangin dong semelar apa aku saat itu. Super deh.

Nah hamil yang sekarang ini beda jauh. Bisa dibilang agak rewel. Bulan-bulan awal masih biasa aja, tapi kok lama-lama nafsu makan berkurang, terus sensitif banget hidungnya. Bau apa dikit mual, ada rasa apa dikit mual, makan coklat dikit mual, sambel jadi enggak begitu doyan.. oohh noooo ini yang paling menyiksa, wakakak kaki pada gatel-gatel dan anehnya gatelnya kalo udah di rumah aja. Kalo di kantor mah baik-baik aja. :D Terus karena enggak begitu nafsu makan, berat badanpun enggak naik-naik bahkan semp…

Sate Pak Dadang

Image
Ini cerita yang menurut bunda harus didokumentasikan di blog ini.Hahaha Sate Pak Dadang itu sebutan Dzaky untuk menyebut sate padang. Hampir setiap malam di atas pukul 21.00 ada tukang penjual sate padang yang lewat di depan rumah kami.

Suatu malam, saat itu hujan turun dengan derasnya. Lewatlah suara khas dari penjual sate padang "sateeee padaaang.." khas sekali panggilan abangnya itu kepada para pelanggannya. Tiba-tiba Dzaky nyeletuk.

Dzaky : kasihan ya sate pak dadang keujanan
Bunda : iya.. makanya kita harus bersyukur ya malam-malam udah bisa tidur di kamar, enggak kehujanan.
Dzaky : sate pak dadang kan nyari uang ya bunda.
Bunda : iya... kita doain ya biar satenya laku, ayo mas Dzaky doain sate padangnya.
Dzaky : Ya Allah semoga sate pak dadang laku. amin
Bunda : aaminn

Keesokan harinya, bangun tidur Dzaky langsung membuka gorden di sebelahnya. Terlihat langit begitu cerah, matahari bersinar dengan indah. Dzaky tersenyum penuh makna. Tiba-tiba Dzaky mengangkat tangan dan…

Hadiah Tak Harus Mahal

Image
Pasti pernah dong kasih hadiah spesial buat orang terkasih. Rasanya puas banget kan kalo bisa liat senyum mengembang dari orang terkasih setelah menerima pemberian dari kita. Bukan, bukan karena hadiahnya menurutku, tapi mereka terlihat sangat sumringah. Tapi kesumringahan tersebut lebih karena hadiah itu adalah perlambang perhatian serta tulus kasih sayang kita kepadanya.

Pasti itu juga yang dirasakan cucu Pakdhe Cholik, Briga. Suatu hari mendapatkan paket yang sangat diidam-idamkan dari orang spesial pastilah membuatnya sumringah saat membuka paket itu. Mungkin hadiahnya bukan suatu yang material dan mahal. Menurut saya, Pakdhe sangat cerdas saat memutuskan untuk membelikan jam tangan murah untuk cucu gagahyang saat ini masih duduk di kelas IV SD. Beliau memilih untuk memberikannya arloji keren begaya sporty tapi dengan harga murah. Tentu bukan karena pelit tapi memang itulah yang sesuai untuk Briga. 
Bagi anak seusia Briga menggunakan barang yang mahal tentu akan mengundang pikiran…

Nun 24 minggu

Sabtu kemarin jadwal kontrol si Nun untuk bulan ini. Senengnya, dari malam udah enggak sabar menanti datangnya hari Sabtu. Udah kangen pengen liat anak bunda yang masih di perut ini. Apa udah besar? Apa sehat-sehat aja? Tentu saja si mas Dzaky juga enggak kalah hebohnya saat dikasih tau, hari itu mau liat dedek Nun. Bangun pagi dan langsung mau mandi, makan juga banyak pake bayam dan tempe goreng kesukaan si mas. Walopun kita harus berbanjir-banjiran dulu demi mendapatkan tempe. Yuhu.. Si mas ini paling demen kalo makan pake tempe dan bisa-bisa enggak mau makan kalo enggak ada tempe. Setelah gagal mendapatkan tempe di tukang sayur deket rumah karena emang abangnya enggak kulakan, cuma ngabisin stok aja kayaknya, soalnya jualannya dikit banget. Langsung deh puter balik nyari jalan yang enggak begitu banjir buat ke pasar. Alhamdulillah pasarnya enggak banjir, cuma becek-becek gitu. Dan tukang tempe dan sayur langganan enggak jualan. Akhirnya setelah lirik sana sini nemu juga yang jual b…

Dzaky 3 Tahun 4 Bulan

Image
Menjelang tiga tahun empat bulan yang tinggal beberapa hari lagi, anak bunda yang ganteng kayak sekuteng ini makin hari makin pinter aja. Makin bikin bunda abinya geleng-geleng kepala, menahan nafas sejenak dan berucap, "Dzakyyyyy!!!" Hahaha.. Kali aja emang seumuran segitu butuh stok sabar yang sekontainer kali ya. Ada aja ulah yang bikin kita pengen marah tapi kok ya lucu dan kadang menggemaskan. Itu dilakukan bisa jadi dalam rangka memenuhi rasa ingin tahunya. Yup, kadang kitanya sebagai orang tua baru sadar pas udah beberapa saat kemudian. :Hufh Semoga kami selalu diberikan kesabaran ya :)

Apa aja sih ulahnya? Macem-macem! Dari yang maunya pipis sendiri, pakai baju celana sendiri, bikin teh sendiri, masak telor sendiri, kalo sikat gigi maunya pakai pasta gigi 2 rasa. Yah kalo yang ini sih bisa dibilang masih yang baik-baik aja ya. Tapi kalo udah mulai mencet-mencet susu kotaknya, jingkrak-jingkrak di atas kasur, buka toples gula, nyemplungin segala sesuatu ke akuarium, l…

Serunya ke Dufan

Sekarang udah masuk tahun 2014 ya? Rasanya kok cepet banget ya tahun berganti tahun. Ingetnya masih baru lulus kemarin tahun baru 2013, sekarang udah 2014 aja. hihi Semoga tahun ini menjadi tahun yang penuh berkah buat kita semua ya. aamiinn

Tahun baru pada kemana? kalo bunda, abi dan Dzaky asyik tidur di rumah. haha Enggak ada acara spesial apapun, enggak niat bergadang dan liat kembang api juga. Palingan pas jam 12, kita kebangun soalnya heboh banget tuh suara jedar jedor kembang api. Udah was-was aja kalo Dzaky kaget dan bangun, ternyata aman. Dzaky bobo pulesss banget. Malahan bundanya yang jadi susah tidur. Pas udah agak redaan jedar jedernya baru deh bisa bobok pules lagi. hehe
Sengaja sih bunda sama abi enggak mau membiasakan Dzaky sama acara tahun baruan gitu. Biar enggak boros-borosin uang sia-sia cuma buat bakar-bakar dan beli kembang api. *prinsip emak pelit wakakak 
Lama banget lo mikirnya nih mau nulis apa, sebenernya buanyak banget lo moment-moment yang pengen bunda abad…