Tuesday, October 23, 2018

Saung Kebalen Farm & Resto Bekasi, Kulineran sambil Bermain

Mencari tempat makan yang enak buat kumpul-kumpul di sekitaran Bekasi? Atau ingin ngajak keluarga makan-makan sambil mengajak anak-anak main? Atau sekedar ingin makan sambil foto-foto di taman bunga yang cantik? Bisa... Buat kalian yang tinggal di Bekasi, bisa cobain datang ke Saung Kebalen Farm and Resto yang beralamat di Jalan Raya Babelan, Kelurahan Babelan, Kecamatan Babelan. Tempatnya memang tersembunyi tapi mudah banget ditemukan asal udah tahu patokannya.haha
Dulunya gerbang ini adalah pintu masuk ke kebun bunga, sekarang sudah terhalang oleh pagar
Weekend kemarin saya mencoba makan di Saung Kebalen bersama keluarga. Sebelumnya sudah sempat cari tahu patokan alamatnya di internet, jadi enggak pakai nyasar. Kita tinggal menyusuri jalan raya Babelan aja, terus kalo sudah bertemu dengan Sekolah Tinggi Kesehatan Prima Husada Babelan, kita akan menemukan petunjuk arah untuk masuk ke Saung Kebalen itu. Ikuti  saja petunjuk arahnya dan pasti langsung ketemu deh tempatnya. Letak saungnya itu persis di belakang STIKES Babelan. 

Sampai disana kita akan disambut dengan saung yang berjejer, tinggal pilih saja sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan atau suasana yang diinginkan. Begitu kita duduk, tidak lama pegawai saung akan menawarkan daftar menu maskanan yang bisa kita pesan dan langsung akan dicatat oleh pegawainya. Jangan heran, kalo disana kita akan bertemu dengan banyak pegawai (maaf) kerdil.  Salut dengan pemilik saung yang mau memberikan peluang pekerjaan bagi Saudara kita yang memiliki kekurangan.
Begini nih penampakan saung-saungnya. Terletak di atas kolam ikan. Anak-anak pasti suka.
Selain makan, kita bisa berfoto ria dengan background taman bunga yang tertata dan terawat. Disamping itu, anak-anak juga bisa puas bermain di area playground-nya atau bermain air di kolam hujan dan bermain pasir. Tapi, untuk dapat menikmati itu, kita harus merogoh kocek 10 ribu rupiah perorang. Tiket tersebut sudah termasuk voucher yang dapat ditukarkan dengan satu gelas minuman dengan berbagai pilihan rasa. Lumayanlah anak-anak bisa main air sepuasnya, emaknya bisa foto-foto cantik dikelilingi bunga-bunga nan indah.

Terus soal harga makanannya bagaimana ya? Kalo buat emak-emak ngirit seperti saya, harga menu makanannya bisa dibilang lumayan mahal. Untuk harga menu ikan-ikanan rata-rata berkisar antara 70-100 ribuan/porsi, tapi ada tapinya nih. Ikan yang didapat dengan harga segitu adalah lumayan besar sekitar setengah kilo lebih. Harga macam-macam tumisan rata-rata 20 ribuan/ porsi. Yang cukup menarik perhatian saya adalah tumis jantung pisang. Enak rasanya, dimasak seperti sayur nangka gitu. Dari semuanya yang sempat bikin saya bengong adalah harga minumannya. Satu gelas esteh dibandrol 18 ribu. Lumayan ya harganya, walopun memang sih porsinya lumayan banyak. Ada solusi bagi yang ingin lebih berhemat dengan memesan menu paketan dengan harga berkisar dari 38 ribu/paket. Kalo saran saya, tidak perlu pesan banyak-banyak karena memang porsi yang disajikan lumayan besar. Jadi, pesan 1 ikan, 1 porsi tumisan, 1 porsi tahu tempe bisa buat rame-rame (cukup untuk sekitar 4 orang).

Sebelum memasuki arena bermain, kita akan disambut oleh gerbang yang memisahkan antara area makan dan bermain, tentu saja gerbang tersebut sudah dijaga oleh petugas yang siap mengawasi pengunjung yang ingin masuk area bermain. Ternyata dulunya area bermain tidaklah berbayar, sejak 1 Februari 2018 area tersebut menjadi berbayar. Mungkin dananya digunakan untuk biaya perawatan area bermain dan taman, karena memang area ini sangat terawat dan bersih. Area bermain anak ini tidak terlalu luas, hanya ada playground, kolam hujan dan area bermain pasir. Tapi buat anak-anak itu sudah sangat membuat mereka merekahkan senyuman lebar-lebar. 
Area bermain pasir untuk anak-anak

Kolam hujan

Area bermain anak, bersebelahan dengan kolam hujan
Sekarang kita lanjut membahas taman bunga yang ada di Kebalen Farm. Dengan area yang tidak terlalu luas, kebun bunga ini cukup indah karena kondisi yang cukup terawat dan bersih. Selama saya disana, terlihat para pegawai yang sedang menyirami tanaman dan merapihkan tanamannya. Itulah kenapa kebun di Kebalen terlihat bagus banget buat foto-foto dan menyegarkan mata.
Bundanya sambil foto di area kebun bunga. Saya suka ^^
Itulah sedikit cerita tentang Saung Kebalen Farm & Resto yang ada di Bekasi. Buat kalian yang ingin menikmati makan di saung-saung sambil mengajak anak-anak bermain bergembira bisa coba datang langsung ke sana.

0 komentar:

Post a Comment