Sunday, October 12, 2014

Tulis-Tulis

Bunda punya komitmen pada diri bunda sendiri sebisa mungkin tidak memaksakan anak untuk bisa baca tulis sejak dini. Biarlah mereka mengembangkan kemampuannya secara alami dan atas kemauan sendiri. Bunda yakin kalau memang sudah waktunya pasti nanti juga anak bisa sendiri dan mau belajar sendiri tanpa dipaksa. Ya mungkin sebagai orang tua kita tetap harus membimbing dan memberi arahan, dan bisa jadi paksaan untuk hal-hal yang bersifat wajib. Lebih tepatnya bukan paksaan tapi membiasakan anak melakukan kewajibannya sejak dini. Misal membiasakan anak sholat dan mengaji sejak dini. Kadang sebagai orang tua kita suka lupa. Beralasan bahwa anak masih kecil, belum ngerti atau kasihan maka kita tidak "memaksa" anak untuk melakukannya sejak dini. Kenapa pakai tanpa petik sih?? Ya karena seperti yang sudah bunda katakan sebelumnya memaksa bukan berarti berlaku keras tapi kita bisa dengan cara membiasakan sejak awal dengan cara yang menyenangkan.

Ssstttt... tau tak.. sepanjang itu baru intro. Hehe intinya bunda cuma mau mendokumentasikan tulisan awal-awal mas Dzaky bisa nulis. Sekarang mas Dzaky sudah lancar nulis angka 1 sampai 5 walaupun tulisannya lucu dan miring miring enggak jelas dan masih dalam tahap penyempurnaan nulis angka 6 sampai 10..hihi Dulu bunda suka mupeng banget kalo lihat anak temen udah jago baca tulis, padahal Dzaky belum bisa. Tapi balik ke keyakinan awal, nanti kalo emang udah waktunya juga bisa sendiri, dan itu terbukti. Kalo lagi semangat mas Dzaky bilang, "ayo bunda kita tulis tulis". Yihaaaa... semangat mas Dzaky!!! Bunda mendukungmu... *kiss kiss lalalala

9 comments:

  1. kalo Fayda nulis angka sambil nyanyi yg diajarkan gurunya di sekolah. Lagunya begini, satu seperti pensil, dua seperti bebek, tiga seperti telinga anak2, empat seperti kursi dst (sayanya lupa lagi hehe)
    Semangat terus ya Dzaky... :)

    ReplyDelete
  2. Dzaky pinter....pernah baca sih, yang penting kita mengarahkan dan memfasilitasi saja mbak tik... tidak perlu dipaksa bisa, terus selalu membuat suasana fun, jadi anak dengan sendirinya pasti bisa, apalagi nanti saat sudah cukup umur pasti langsung bisa, in shaa allah amin :)

    ReplyDelete
  3. hahaha itu tulisannya coratcoret gitu .. emang gitu dalam fase belajar ,,wkwk

    ReplyDelete
  4. Aku juga setipe kok sama kamu, Tik. Yang penting anaknya enjoy.
    Smangat ya, Dzaky ^^

    ReplyDelete
  5. iyess...samaaa..ga mau memaksakan anak untuk bisa calistung... kecuali emang anaknya yang udah semangat 45 mau belajar calistung sejak dini. So far Radit juga baru bisa nulis beberapa huruf dan angka aja... hihihi

    ReplyDelete
  6. iya mbak jangan dipaksa, Allhamdulilah Alvin sudah bisa karena lihat buku2 kakaknya jadi semangat belajar. belajar baca tulis dengan cara menyenangkan ya

    ReplyDelete
  7. iya sih, sebaiknya tidak dipaksain kalo anaknya belom mau dan sama sekali gak semangat ya

    ReplyDelete
  8. Idenya sangat inspiratif. Terima kasih dan salam kenal.
    Tolong kunjungi balik web saya http://audisimitrapengusaha.com

    ReplyDelete
  9. saya juga berusaha tidak memaksa, Mbak. Tapi, pengalaman saya dengan mengenalkan anak untuk cinta buku akan lebih mudah mengajarkan mereka membaca, deh :)

    ReplyDelete