Wednesday, October 4, 2017

Mas Dzaky Masuk SD

Hai bunda semua, lama banget ya bunda ga muncul. Sekarang bunda mau cerita nih. Mas Dzaky sekarang udah masuk sekolah dasar loh. Iya, mas Dzaky yang dulu masih bayi itu, yang dulu suka nyanyi kasih ibu pakai nada yang khas, dan Mas Dzaky yang suka bilang "itu iyaaa.." dengan nada ciptaannya sendiri. Huhuhu, Cepet banget ya waktu berlalu.

Awalnya sempet galau juga, bunda mau masukin Dzaky SD tahun lalu atau tahun ini, secara Dzaky nih lahir dibulan yang nanggung banget sama tahun ajaran baru. Iyap, September. Kalo masuk sekolah tahun lalu masih belum genap 6 tahun, kalo tahun ini udah 7 tahun kurang 3 bulan. Tapi dengan banyak pertimbangan, akhirnya bunda dan abi mutusin buat masukin Dzaky SD tahun ini. Yeeeaayyy...

Bunda enggak seheboh emak-emak lain dalam cari sekolah. Kriterianya, yang pertama SD IT, deket rumah, sekolahannya enak, kurikulum yang masih manusiawi buat anak dan yang nggak kalah penting adalah murah..hehe jangan-jangan ini pertimbangan utama lagi. Pas udah dicari tau kesana kemari, dapetlah dua sekolah yang masuk kriteria. Dua-duanya bikin galau banget. Teteplah keputusan akhir ada di mas Dzaky dengan sedikit intimidasi dari bundanya #ups. 

Kenapa pilih sekolah yang sekarang? karena SD IT, alasannya simple aja sih, biar mas Dzaky yang lumayan aktif bisa mendapatkan pendidikan yang baik termasuk pendidikan agamanya. Melihat jaman yang semakin mengkhawatirkan, tentu selain pendidikan yang kita tanamkan di rumah, kita juga harus memberikan anak kita lingkungan yang baik pula, sehingga anak terbawa menjadi pribadi yang baik juga, aamiinn. Jujur aja, SD negeri di sekitar rumah bunda rasa masih sangat memprihatinkan, jauh dari kata bagus. Pertimbangan lain adalah deket rumah, akses mudah, murah dan kurikulumnya menurut bunda buat anak-anak pas banget. Enggak terlalu berat dan memaksakan. Dan yang utama Dzakynya senang sekolah disana.

Pas daftar, ternyata ada tes masuknya. Sebenarnya bunda agak kurang setuju dengan tes sebelum masuk SD. Masak baru mau SD dites dulu, tapi ternyata mas Dzaky sangat menikmati dan bahkan ketagihan. Mas Dzaky memang tipe yang suka dengan ujian-ujian semacam itu. Merasa tertantang dan dapat membuktikan kemampuannya, kayaknya itu yang dipikirkan mas Dzaky. hehehe

Minggu lalu, baru aja selesai Ujian Tengah Semester (UTS), sejauh ini sih mas Dzaky menikmati dan bisa menyelesaikan ujiannya. Semoga apapun hasilnya nanti mas Dzaky tetap terus semangat belajar dan menikmati setiap tahap dalam hidup mas Dzaky ya.

Bunda, berusaha sebisa mungkin nggak banyak menuntut dan memaksa, hanya memotivasi dan memberikan masukan saja. begitu, mas? hehe

Oia, salah satu keuntungan memasukan anak sekolah diusia yang udah matang adalah kita tidak begitu mengeluarkan banyak tenaga untuk mengajari ini itu karena anak udah bisa mandiri dan bisa tertanggung jawab. Paling-paling diberi penjelasan dan pengertian di awal, selanjutnya insyaallah udah jalan sendiri.

Semangat belajar ya Mas, semoga kelak ilmunya dapat bermanfaat dan tercapai segala cita-citanya. aamiinn... ^^



0 komentar:

Post a Comment