Skip to main content

Antara Ember dan Talang Air

Pagi ini sungguh pagi yang sangat luar biasa. Seperti biasa seorang sahabat yang penuh inpirasi kembali menginpisasiku tentang "makna berbagi".
Berbagi dalam hal ini bisa berbagi uang (sedekah), berbagi ilmu, berbagi kebahagiaan dan berbagi lainnya.

Pernah ga sih kita merasakan takut untuk berbagi karena takut rejeki kita berkurang? atau kita sudah mengalokasikan misal uang kita untuk kebutuhan kita sehari-hari dan ga ada lebihnya menurut kita. Pasti pernah, itu manusiawi kok. Tapi bagaimana kita berusaha untuk menghilangkan pikiran itulah yang harus kita usahakan. Karena dari berbagai sumber yang dapat dipercaya. Semakin kita banyak bersedekah, semakin banyak pula rejeki yang kita dapat. Ingat!!! Rejeki itu tidak hanya berupa uang dan harta benda lainnya saja, tapi kesehatan, kebahagiaan, keluarga, sahabat itu juga ada nikmat yang sangat luar biasa yang dapat kita bilang dengan "rejeki".

Ngomong-ngomong ember dan talang air, apa sih korelasi berbagi dengan kedua benda tersebut.
Jadi, menurut sahabat saya (dia dapet dari seminar yang baru dia ikuti) bahwa fiosofi berbagi diibaratkan sebagai ember dan talang air itu seperti ini, "kalo kita sebagai talang air, kita gak akan bisa menahan kekayaan kita lama-lama, pasti kita salurkan, dan nantinya talang akan kembali terisi tanpa henti dan basah terus... Tapi kalo berbagi cara ember kita cuma bisa berbagi kalo ember kita sudah luber, kalo belum penuh kita gak mau berbagi...."


Keren bukan?? nah dari cerita itu kita bisa ambil hikmah bahwa berbagilah kita selayaknya talang air, berapapun yang kita punya, saat lapang atau sempit kita harus berusaha berbagi kepada sesama. Bukannya tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah.
Dengan begitu rejeki kita akan selalu mengalir selayaknya talang air yang selalu dialiri air dan selalu basah.
Aamiinn :)

Semua itu kita serahkan kepada Allah SWT, sebagai manusia kita harus selalu berusaha menjadi yang lebih baik ^^ dan salah satu yang bisa kita lakukan adalah berbagi dengan orang di sekitar kita.

Indah bukan? ^^


Cerita Bunda
Inspirasi dari Mbak Yenny
7 Maret 2012
^^

Comments

Popular posts from this blog

Mau ASI Banyak? Yakin Kuncinya... :D

Aku mau berbagi cerita masalah ASI ku yang berkurang berapa minggu aku masuk kerja setelah melahirkan.
Guna memberikan ASI Ekslusif kepada anakku, aku udah menyiapkan segala sesuatunya sebelum masuk kantor setelah selama 2 bulan cuti setelah melahirkan... uuuuhhhhh.... rasanya berat banget ninggalin Dzaky, diakan lagi lucu-lucunya... ga tegaaaaaaaa!!!!! tapi ya gimana lagi. AKU HARUS BISA!!!!
Menyiapkan peralatan untuk Memerah ASI di kantor agak membuatku berpikir "Ribet!" Awalnya aku berpikir begitu. Bayangkan aja setiap hari aku harus membawa cooler bag, botol penyimpan asi, pompa, lap... tapi setelah dijalani ga seribet bayanganku (makanya jangan bayangin yang ribet-ribrt)hehehehe...
Berapa minggu berjalan lancar,, tapi,,, tapi,,,, tapi apa yang terjadi dengan ASI??? Tiba-tiba ASI ku berkurang.. Kenapa ini??? AKu sedih... :( Bagaimana nasib anakku...
yang biasanya aku bisa mompa 150ml an sekali mompa, ini untuk mendapatkan 100ml aja begitu susah. Aku bertanya kesana kemari, a…

Menggulung Lidah

Menggulung lidah.. Mungkin untuk sebagian orang hal ini sangat mudah dilakukan, tapi jangan salah,  untuk sebagian orang lainnya bisa jadi hal ini sangat susah bahkan tidak bisa melakukannya. Awalnya sih enggak begitu "ngeh" kalo hal ini bisa menjadi sangat menarik. Karena di keluargaku semuanya bisa menggulung lidah. Apa susahnya coba. Gampang sekali kan menggulung lidah? Itu pendapatku dulu.

Tapi hal ini menjadi menarik ketika tahu bahwa sebagian besar dari keluarga suamiku enggak bisa menggulung lidahnya. Hahaha sempet yang ketawa geli gitu lihat orang enggak bisa menggulung lidahnya. Astagfirullaaahhh... Langsung deh keinget sama pelajaran sewaktu di SMA. Pelajaran biologi mengenai gen. Hayo siapa yang masih inget? Hahaha jangan dikira aku masih inget dengan jelas juga ya.

Yang aku inget sih cuma sebagian kecil aja dari  keseluruhan isi bab mengenai gen tersebut. Antara lain mengenai sifat-sifat manusia itu diwariskan kepada keturunannya melalui gen. Gen ini ada yang be…

Anakmas : Kau Tak Seperti Dulu Lagi ^^

Hai hai bundaaaa... Masih inget ga jajanan yang paling terkenal sejagat raya waktu jaman masih kecil??? hahahaha *mulai lebaynyaaa ^^
Hayoooo diingat-ingat lagi... Ada yang sudah ingat??? Ada yang inget anakmas ga?? Inget? Inget?? Mau?? Mau??
Samaaaa.... :D bunda jugaaa kangen banget ma jajanan yang satu itu. Waktu itu kayaknya harganya Rp.150... Wiiidiiihhhh... inget benerrr,. Ya inget dunk, wong setiap kali punya uang yang dipikirin cuma anakmas. Setiap dapet uang berapapun yang dipikirin, uang ini bisa dapet anak mas berapa ya??hahaha *anak2labil

Nah kemarin-kemarin ada temen yang nawarin, mau anakmas ga?? Langsung dunk bunda jawab dengan semangt 45 "Mauuuuuu!!!!" Ternyata di group BB ada yang jual anak mas. Pesen banyak dunk. Kita bagi berduaaa... Dan kemarin pesanan dateng :D
Perasaan bunda langsung dag dig dug dueeerrr gituuu, kayak mau ketemu temen lama gituuuhhh... Dan pas liat pertama agak kecewaaaa... Loohhh kok tampilannya gini?? Hmmm terus ga ada bumbu sachetnya?…