Wednesday, March 7, 2012

Antara Ember dan Talang Air

Pagi ini sungguh pagi yang sangat luar biasa. Seperti biasa seorang sahabat yang penuh inpirasi kembali menginpisasiku tentang "makna berbagi".
Berbagi dalam hal ini bisa berbagi uang (sedekah), berbagi ilmu, berbagi kebahagiaan dan berbagi lainnya.

Pernah ga sih kita merasakan takut untuk berbagi karena takut rejeki kita berkurang? atau kita sudah mengalokasikan misal uang kita untuk kebutuhan kita sehari-hari dan ga ada lebihnya menurut kita. Pasti pernah, itu manusiawi kok. Tapi bagaimana kita berusaha untuk menghilangkan pikiran itulah yang harus kita usahakan. Karena dari berbagai sumber yang dapat dipercaya. Semakin kita banyak bersedekah, semakin banyak pula rejeki yang kita dapat. Ingat!!! Rejeki itu tidak hanya berupa uang dan harta benda lainnya saja, tapi kesehatan, kebahagiaan, keluarga, sahabat itu juga ada nikmat yang sangat luar biasa yang dapat kita bilang dengan "rejeki".

Ngomong-ngomong ember dan talang air, apa sih korelasi berbagi dengan kedua benda tersebut.
Jadi, menurut sahabat saya (dia dapet dari seminar yang baru dia ikuti) bahwa fiosofi berbagi diibaratkan sebagai ember dan talang air itu seperti ini, "kalo kita sebagai talang air, kita gak akan bisa menahan kekayaan kita lama-lama, pasti kita salurkan, dan nantinya talang akan kembali terisi tanpa henti dan basah terus... Tapi kalo berbagi cara ember kita cuma bisa berbagi kalo ember kita sudah luber, kalo belum penuh kita gak mau berbagi...."


Keren bukan?? nah dari cerita itu kita bisa ambil hikmah bahwa berbagilah kita selayaknya talang air, berapapun yang kita punya, saat lapang atau sempit kita harus berusaha berbagi kepada sesama. Bukannya tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah.
Dengan begitu rejeki kita akan selalu mengalir selayaknya talang air yang selalu dialiri air dan selalu basah.
Aamiinn :)

Semua itu kita serahkan kepada Allah SWT, sebagai manusia kita harus selalu berusaha menjadi yang lebih baik ^^ dan salah satu yang bisa kita lakukan adalah berbagi dengan orang di sekitar kita.

Indah bukan? ^^


Cerita Bunda
Inspirasi dari Mbak Yenny
7 Maret 2012
^^

No comments:

Post a Comment