Eksperimen Memasak

Weekend adalah hari terbaik untuk memasak buat keluarga tercinta.. Walopun ga jago dalam urusan masak memasak tapi enggak ada salahnya dong bangga dikit dengan usaha yang udah dilakukan.. hahaha

Bangun pagi ku langsung nonton TV, hahaha *mumpung Dzaky belum bangun gitu. Niatnya sih mau mandi terus ke pasar gitu buat persiapan masak weekend ini. Tapi ya emang nih males banget beranjak. Eh ga lama Dzaky bangun, ya udah deh mandiin Dzaky, mandi dan ke pasar bareng Dzaky.

Terus mau masak apa aja sih, bund? Hehe udah pada penasaran ya.. Jeng-jeng... Aku masak sup krim dan garang asem untuk menu makan siang. Terus tadi sarapan apa? karena udah kesiangan beli nasi uduk aja deh, takut abi dan Dzaky udah kelaperan... Haha

Garang Asem

Bahan :
3 Potong ayam
3 biji tomat hijau ukuran kecil
cabe rawit sesuai selera
daun pisang dan plastik
jeruk nipis

Bumbu halus :
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1/2 kemiri sangrai
garam
gula

Cara Memasak :
1. Rendam ayam dengan jeruk nipis selama satu jam, bersihkan dengan air
2. Lumuri ayam dengan bumbu halus


3. Siapkan 2 lembar daum pisang dan 1satu plastik, tata dengan urutan daun-plastik-daun
4. Masukan ayam, tomat dan cabai, bungkus dengan lidi


5. Siapkan dandang yang diisi air dan panaskan
6. Kukus ayam kurang lebih 45 menit dengan api sedang


7. Sajikan hangat dengan nasi putih lebih nikmat ^^

 Rasanya seger... ^^



Krim Sup

Bahan :
1 potong ayam, aku pakai sayap
1 wortel potong dadu kecil
1 jagung dipipil
1 butir telur, kocok
1 batang daun bawang
1 batang seledri
2 sdm Maizena, larutkan dengan air
kurang lebih 500 ml air
garam
gula

Bumbu Halus :
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
garam sesuai selera
merica

Cara Memasak :
  1. Rebus ayam, angkat lalu cincang kasar, air kaldunya jangan dibuang ya
  2. Tumis bumbu halus sampai harum 
  3. Masukan kaldu ke dalam tumisan bumbu, tunggu hingga air mendidih
  4. Masukan wortel, jagung dan ayam, tunggu sampai semua bahan empuk lalu masukan daun bawang dan seledri
  5. Masukan telur kocok, aduk dan masukan maizena 
  6. Aduk hingga mendidih
  7. Sajikan hangat 
    Krim sup hangat.. yummy ^^

    Hari minggunya aku buat jamur goreng tepung saus pedas manis ala aku sendiri.. Hihi Gampang banget membuatnya. Jamur dilumuri telur kocok lalu gulingkan ke tepung (campuran tepung bumbu dan tepung terigu). Goreng dan siram dengan saus. Cara buat sausnya juga enggak ribet. Tumis irisan  bawang putih, bawang bombay, cabai merah keriting, daun bawang, setelah agak layu masukan saus tomat, saus sambal bangkok dan kecap inggris. Tambahkan air, aduk hingga matang dan sauspun jadi... Siram deh ke atas jamur goreng tepungnya ^^

     Simple dan menarik bukan??? hehehe

    Semoga resepku yang ala kadarnya ini bisa menambah semangat kawan semua buat menyiapkan menu terbaik dan teryummy untuk keluarga.. Maaf ya kalo kurang jelas resepnya... hihi Enggak ahli nulis resep.. ^^
    Selamat mencobaaaaa :D

Comments

  1. nyaaammm,, jadi kangen garang asemnya ibuku,, kl ibuku pake blimbing wuluh juga,, ohya, pake ayam kampung lebih nendang. Mau dong tik dibikinin, besok bawa ya ke kantor..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi bener banget tuh.. Pakai belimbing wuluh lebih enak.. Aku udah nyari keliling gang komplekku ga ada. Di pasar juga ga ada. Kali aku yg kurang jeli apa emang lagi ga musim ya.. hihihi ^^

      Delete
  2. garang asem kesukaan saya dan Keke. Kalau sup krim kesukaan Nai. Tp dua2nya blm pernah cobain bikin sendiri hehe. Enak kayaknya kl bikin sendiri, ya :)

    Kyknya pengen coba bikin, ah. Mumpung ada belimbing wuluh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu bund, kalo ada blimbing wuluh pasti lebih maknyooosss..

      Selamat mencobaaa ^^

      Delete
  3. resep garang asemnya pingin dicobain ...
    kayaknya bener bener segeeer yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi coba aja.. bisa dikreasikan sendiri juga ^^

      Delete
  4. wow.. lagi rajin nih yee... :D

    kayaknya kynan bisa maem tuh krim supnya..
    boleh dicoba :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh *jadi malu

      Iya bener ini cocok buat balita soalnya lembut dan kaya nutrisi, bisa juga dengan ditambahkan sayuran kesukaan kynan...

      Selamat mencoba ^^

      Delete
  5. garang asem makanan kesukaanku tuh tik...jd ngiler deh...tika hebat..ayo terus memasak buat keluarga tercinta ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. Makasih mbak Yeee... Siapppp dehhh... ^^

      Delete
  6. wuiii ntar nyontek resepnya ah..
    *ijin dulu, realisasinya ntah kapan
    haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan.. Monggo...

      Semoga segera direalisasikan ya ^^

      Delete
  7. Eh kok gampang bikin garang asemnya?
    Mau coba aah, buat variasi menu ayam. Makasih resepnya Tik :)

    Kalo krim supnya mirip sup Raihan yang sering aku bikin, hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo... Sama sama mbak...

      Hihi iya mbak emang itu buat Dzaky. Soalnya dia suka krim sup yg di KFC itu lo.. makanya pengen bikin sendiri.. hihihi

      Delete
  8. Saya suka garang asem hehehe... gak pake santan ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ada beberapa versi.. Aku ambil yang enggak pakai, yang putihnya dari kemiri aja.. KAta temen sih pakai santan lebih maknyos.. hihihi Silahkan saja dicoba2..

      Delete
  9. Aku kalo disuruh masak, udah deg2an loh Tyk..ga bisa masak soalnyah..Palingan bisanya ya yang gampil2 aja..hihihi

    Pengen garang asemnyaaa doong ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwawa deg2an mana sama waktu ketemu SiAyah Radith? hihi

      Bikin aja Des gampang kok... Good Luck yaaa^^

      Delete
  10. Yay... besok bikin garang asem, ah. *lagi kekurangan ide buat masak apa*
    Semoga tukang sayur besok bawa daun pisang. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku menerima kiriman makanan juga looo... ^o^/

      Delete
  11. whoaaaaa...
    mamapir mampir kesini, kenapa ada resep masakan siiiiih...
    *rada terintimidasi*

    Baiklaaaaah, aku nunggu kiriman aja yak...hihihi...

    O, yaaaa...
    maap lahir batin yaaah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamaaattt Dataaanggg :D

      Kalo aku kirimi, bisa dapat kiriman balik ga ya? hihihi

      Mohon maaf lahir batin yaaa.. ^^

      Delete
  12. Wah..kebetulan Tik...lagi nyari2 resep garangasem nih....btw garangasem di kantin DJA tiap Senin mantafff banget tuch..., dia pake belimbing wuluh...okay...wiken dpn mau lgs coba...kyanya mu pake ayam kampung, biar kaldunya lbh gurih...tq banyak yaa Tik... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ini sih resep sederhadaku aja mbak.. Lames yang agak ribet.. Mungkin bisa tambah referensi lain yang lebih terpercaya.. hihihi

      Iya pakai blimbing wuluh n ayam kampung emang lebih maknyoooss...

      Selamat memasak mbak ^^

      Delete
  13. Waaaa...btw produktif sekali dirimu menulis..huhuhu...akhir2 ini aga keteteran niy gak sempet2 update blog (sok2 sibuk ceritanya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga postingnya jarang2 kok.. belum bisa yang setiap hari.. Pengennya sih bisa setiap hari menulis gitu, apa daya otak suka mampet.. hihihi

      Tetep semanagt mbak.. Aku suka hasil riasanmu ^^

      Delete
  14. mbak kemarin aku coba resep sup krim n jamur nya ... hehe alhamdulillah terlahap meski tampilannya agak beda, jazakillah khairan ya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... Pasti tampilannya lebih bagus dari punyaku...

      Yang penting terlahap..

      Makasih ya ^^ Seneng denger ad ayg nyoba resep yg amburadul ini ^^ hihihi

      Delete
  15. Langsung dapat 3 resep. Asyik nih.
    Masak memang simple ya sebetulnya. Bumbu yang sama bisa jadi macam-macam masakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu... Aku emang sukanya yang simple2 aja, belum pernah masak pakai bumbu dapur lengkap.. hahha

      Delete
  16. Pesen atu ya Tik...gakpake Lamaa...ini yang comment ibu2 semua yaa... *mlipirrrr*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake gambar aja ya ngirimnya... hihihi *ditarik baju mbak Ani... ^^

      Delete
  17. mudah ya buatnya juga bergizi enak pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang gampang buatnya.. yang penting ada niat...

      Kalo enak sih saya serahkan yg nyicipin.. hihihi

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau ASI Banyak? Yakin Kuncinya... :D

Anakmas : Kau Tak Seperti Dulu Lagi ^^

Menggulung Lidah