Tuesday, July 31, 2018

Belanja Bulanan Hemat

Hai bunda-bunda yang cetar membahana. Nggak kerasa dah mau gajian nih. Sebentar lagi belanja bulanan ya kan. Disini siapa yang belanja kebutuhan sehari-harinya sebulan sekali? ayo ngacung! Akuuuu *Teriak paling kenceng. 

Kenapa aku pilih buat belanja sebulan sekali aja daripada mingguan apalagi harian. Nggak lain nggak bukan sih buat praktisnya aja. Jadi, nggak ribet bolak balik supermarket. Alasan lainnya adalah dengan belanja bulanan, aku jadi lebih irit dan lebih mudah buat mengatur uang bulanan. 

Biasanya nih ya, kalo udah mau awal bulan, aku akan bikin list barang-barang yang akan dibeli, sambil lihat stok yang ada di rumah. Pastikan sudah tercatat semua ya bund. Biar nggak bolak balik belanja printilan yang akhirnya malah jadi bengkak pengeluaran.

Terus ya bund, belanjalah pada saat weekend, yaitu hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Karena akhir pekan adalah waktunya bertaburan promo di supermarket-supermarket besar. Suka perhatiin nggak sih, kalo setiap hari Jumat akan banyak info promo-promo kebutuhan sehari-hari di hampir semua supermarket. Dari minyak, sabun sampai deterjen ada. Duh adem banget deh hati ini kalo lihat promo-promo begini ya bund. 😁

Jadi, sebelum berangkat pastikan dulu nih, supermarket mana yang paling banyak menyediakan barang yang kita butuhkan dengan harga miring. Lumayan banget loh ini. Apalagi emak-emak yang masih butuh beli diapers dan susu buat anak.

Kalo udah sampai di supermarket, ingat ya bund, kita harus fokus. Fakuslah dengan list yang sudah dibuat, intinya belilah barang yang dibutuhkan saja dan jangan tergiur dengan promo atau diskon buat barang-barang yang nggak dibutuhkan. 

Oia, ada godaan besar yang bisa bikin budget belanja jadi membengkak banget. Itu adalah godaan anak yang minta ini itu ketika diajak belanja bulanan. Kalo emang bunda, nggak mau terjadi banyak drama bisa tuh belanjanya nggak usah ngajak bocil. Tapi kam tetep aja ya susah buat ninggalin anak, eh kitanya belanja. Hahaha kalo aku biasanya sudah bikin perjanjian dulu sama anak-anak, boleh ambil makanan atau minuman dengan jumlah tertentu. Misal hanya boleh satu saja. Bebas pilih makanan atau minuman kesukaannya.

Kalo bunda-bunda gimana nih tips dan trik buat hemat pengeluaran belanja bulanannya? Bagi-bagi disini ya.  

2 comments:

  1. Issssh Tika, bahasannya sama nih kita minggu ini, soal belanja.. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga emak2 cha, ga jauh2 dari belanja.haha

      Delete