Saturday, July 7, 2018

Pilih Yang Dibutuhkan, Bukan Yang Diinginkan

Entah sejak kapan ini terjadi. Inget banget dari dulu suka nggak rela buat menghabiskan uang untuk hal-hal yang enggak penting. Misalnya nih, dulu suka banget sama karakter keropi, ituloh kodok ijo yang lucu banget. Kayaknya kalo lihat yang ijo-ijo apalagi berbau keropi, mata itu jadi ijo banget. Pengennya mah sikat bawa pulang. Tapi, kok logika selalu berkata, "sampai rumah mau diapain ya?" atau "ih, sayang banget deh duitnya buat kayak gini, mending buat jajan". Lah ketahuan banget kalo hobi makan. Sampai-sampai nih kalo lagi jalan sama temen, terus aku terpesona memandang pernak-pernik berbau keropi, udah dipegang-pegang, dipeluk-peluk, terus bergumam, "beli nggak ya?". Pastilah temen saya langsung bilang, "buat apa?" wakakak saking kezelnya sering bilang pengen tapi nggak dibeli juga.

Aku sudah pernah cerita kan, kalo dari kelas 3 SD uang jajannya itu bulanan. Makanya suka diirit-irit banget kalo soal beli-beli pernak pernik yang bukan kebutuhan, tapi bisa jadi emang udah bawaan dari orok kali ya kalo aku ini agak-agak ngirit pelit gitu. Ya kali. Dari dulu udah biasa banget kalo mau beli sesuatu mikirnya bisa lama bin banget. Saking lamanya suka udah nggak pingin lagi gitu. Ya ampun *tepok jidat.

Sekarang udah jadi istri ya sama aja. Secara yang dipikirin bukan cuma diri sendiri tapi sekeluarga. Intinya mikir duit segini nih harus cukup buat sebulan, makanya setiap memutuskan sesuatu harus diyakini bahwasannya itu benarlah hal yang dibutuhkan.

Biasanya sih kalo kepikiran mau beli sesuatu yang aku pikirin adalah pertama aku bener-benar butuh nggak sama ini barang. Kedua, kecukupan dana yang ada di kantong, jadi intinya kalo duitnya belum cukup yang nabung, nggak perlu maksain diri buat punya. Ketiga, nggak perlulah lihat punya orang, nanti malah bikin nggak bersyukur dan makin berhasrat buat beli. Terus selain itu, aku bakal ingat-ingat lagi ada nggak ya barang yang udah di rumah yang bisa gantiin manfaat barang yang dipinginin. Jadi, lebih lihat barang dari fungsinya. Kalo yang di rumah udah ada yang sama fungsinya atau bisa digunakan sama seperti barang yang dimau. Ya dicoba dulu pakai itu. Nggak perlu beli baru. Contohnya peralatan MPASI, nggak perlu terlalu dibuat ribet.

Berarti nggak pernah beli hal yang diinginkan dong? Ya nggak juga, namanya manusia apalagi masuk klan wanita pastilah ada pingin-pingin macem-macem. Boleh aja lah sekali-kali nggak perlu banyak mikir kalo mau beli sesuatu, tapi itu sekali-kali aja dan kembali lagi sesuaikan dengan kemampuan kantong masing-masing. Jangan maksa buat kredit, minjam duit apalah apalah. Kalo emang mau, ya nabung dulu, harus sabar. Gitu aja sih. Kalo kalian gimana? 

0 komentar:

Post a Comment