Tuesday, May 31, 2011

Sebenarnya "Mengerti"


Tadi pagi ada kejadian yang sepertinya menarik untuk diceritakan.
Pagi tadi sebelum bunda berangkat kantor Dzaky minta mimik. Saat itu juga bunda berpikir, sudah lama banget rasanya Dzaky nggak gigit-gigit saat mimik (bukannya ngarep lo bund,,, hehehe). Bunda jadi ingat terakhir kali Dzaky gigit saat mimik, waktu itu langsung bunda pencet hidungnya dan bunda bilangin "Dek,, kalo digigit, bunda sakit, Dzaky kalo mau mimik yang bener ya.." Eh bener lo.. habis itu ga pernah gigit bunda lagi.

Nah, tadi pagi tuh ceritanya bunda lagi curcol ne ma abi. Gini ne curcolnya:
Bunda : "bi,,, dedek pinter ya..." (saat itu, Dzaky langsung merhatiin bunda cerita)
Abi     : "kenapa emang bund??"
Bunda : "tau ga bi?? dah lama Dzaky gak pernah gigit saat mimik"

Terus bunda ceritakan deh asal muasal Dzaky ga gigit bunda lagi (hahaha kayak legenda apa aja ya bund... )

Dan tau ga?? saat bunda selesai cerita, Dzaky langsung ngomong sesuatu yang ga jelas di telinga bunda sambil senyum-senyum gitu (hehe hehe hehe begitu suara ketawanya) dan tiba-tiba Dzaky kayak becandain bunda sambil gigit PT bunda... Terus ketawa lagi.. Iiiihhhhh gemessss banget ci,,, Nggodain bunda yaaaaa... :D Langsung aja bunda pencet hidungnya.. eh malah tambah ketawa-tawa Dzakynya.. uuuuhhhhh lucu banget ci anak bundaaa.....

Jadi, ternyata bund, jangan pernah remehkan anak kita yang masih kecil. Banyak Orang tua menganggap anak kecil ga tau apa-apa, belum mengerti apa-apa. Dari pengalaman bunda tadi, bisa diliat kalo Dzaky udah tau dan mengerti yang bunda omongin, Dzaky mau ngerti kalo digigit sakit dan dia ga pernah gigit lagi. Dan tau kalo dia lagi diomongin. Maka, sebagai orang tua sudah selayaknya selalu berkata, bercerita yang baik-baik agar tertanam dalam pikirannya bahwa dia adalah anak yang baik. :)

Dan dari sini kita juga bisa liat kalo anak kecil itu sebenarnya sudah bisa diajak kompromi dan mengerti apa yang kita inginkan. Bicarakan dengan baik dan dengan hati apa mau kita. InsyaAllah anak kita aka mengerti. Dan sebisa mungkin gunakan kata positif dan hindari penggunaan kata negatif... :)

Ok bundaaa.... semoga dapat bermanfaat...
Jangan remehkan otak bayi kita ya... :)

Buat Dzaky.. "Bunda bangga ma Dzaky, Dzaky anak yang baik dan mengerti bunda"
Makasih cayang.. Bunda sayang Dzaky.. muah


Cerita Bunda
12 Mei 2011
^^

No comments:

Post a Comment