Susu UHT

Tanggal 21 Oktober ini tepat 13 bulan Dzaky mewarnai hari-hari bunda dan abi.. Dzaky udah semakin pinter, semakin ga bisa diem, semakin gemesin pokoknya.. hihihi :D
Alhamdulillah sampai sekarang Dzaky masih mimik ASI, ASI bunda juga masih mencukupi, tapi emang dasar bundanya aja yang gampang tergoda :), berhubung Dzaky udah 1 tahun,  Dzaky dah boleh dikasih susu lain selain ASI. Pilihan bunda jatuh pada susu UHT. Kenapa UHT? Kenapa ga susu formula aja ci bund yang mahal dan katanya kandungannya bejibun dari AHA, DHA, dan lain-lain yang katanya bisa bikin anak jadi tambah pinter?? Jawabannya ini ne bund...

Sebelumnya bunda mau cerita ne.. Susu yang dikonsumsi sekarang ne ada beberapa jenis :

Susu Segar  merupakan cairan yang berasal dari kambing/sapi yang sehat dan bersih yang diperoleh dengan cara pemerahan yang benar yang kandungan alaminya tidak dikurangi atau ditambah sesuatu apapun dan belum mendapatkan perlakuan apapun.
Susu Pasteurisasi merupakan susu yang diberi perlakuan panas sekitar 63-72 derajat Celcius selama 15 detik yang bertujuan untuk membunuh bakteri patogen. Susu pasteurisasi harus disimpan dalam suhu rendah yaitu 5-6 derajat Celcius dan memiliki umur simpan hanya 14 hari.
Susu UHT  (ultra high temperature) merupakan susu yang diolah menggunakan pamanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang singkat (135-145 derajat Celcius selamat 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme (baik pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma, dan rasa yang relatif tidah berubah seperti susu segarnya.
Susu Bubuk  berasal dari susu segar baik dengan atau tanpa rekombinasi dengan zat lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan. Umumnya pengeringan dilakukan dengan spray dryer atau roller dryer. Umur simpan susu bubuk maksimal 2 tahun dengan penanganan yang baik dan benar.

Dari tulisan di atas bunda menyimpulkan bahwa sebenarnya ci yang paling bagus jelas susu segar tapi kan susah nyarinya, udah gitu penyimpanannya juga ribet.hihihi.... Selanjutnya susu pasteurisasi, tapi menurut umur simpannya juga ga kuat lama... Kalo susu bubuk kayaknya udah ga begitu minat deh, dari prosesnya aja udah banyak nutrisi yang hilang, udah gitu banyak zat-zat lain yang ditambahankan... uh serem deh..hahaha :D
Pilihan bunda jatuh pada UHT, sebenarnya buat Dzaky ci belum begitu butuh soalnya kan ASI bunda alhamdulillah masih mencukupi, tapi bunda tergoda juga ne buat nyoba UHT.

Pertama bunda mengganti susu bubuk yang biasa bunda n abi konsumsi dengan susu UHT. Selanjutnya bunda nyobain susu UHT nya ke Dzaky dan Dzaky suka banget dan minta nambah lagi..hihihi padahal bunda kasih yang plain lo.. :)
Dan saat mau beli lagi, bunda tertarik ma susu UHT kemasan kecil, lucu gitu deh liatnya (dasar ini ci bundanya yang ga kuat iman,hahaha), tapi adanya rasa coklat... Hmmmm mikir-mikir ci tapi akhirnya bunda beli jugaaaa..hahaha dan Dzaky suka banget :D

Tapi tenang aja, ASI tetap pilihan utama dan yang terbaik sampai Dzaky 2 tahun.. Susu UHT ci buat tambah-tambah aja, apalagi kalo buat berpergian praktis banget cos UHT kuat ga di simpen di kulkas selama kemasannya belum terbuka :)

Tetap semangat kasih ASI ya bund, jangan mudah tergoda ma iklan sufor yang semakin marak... ASI adalah susu terbaik buat buah hati kita sampai 2 tahun :)
Buat Dzaky, bunda berdoa agar Dzaky selalu sehat n semakin cerdas... Bunda n abi cayang Dzaky...
Sini cayang peluk bundaaaa... muah :*

Cerita Bunda
25 Oktober 2011
^^


Comments

  1. Dear Bunda...
    Numpang Promo dari Mitra Merket Jakarta, kami menjual berbagaimacam merk susu UHT dengan harga distributor, selain itu kami juga menyediakan berbagaimacam merk susu, produk olahan susu, daging fresh, salmon fillet fresh, dory fillet, dll
    Untuk pembelian dapat menghubungi Henny (081319382504) atau Irawati (02137367462)
    Terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau ASI Banyak? Yakin Kuncinya... :D

Anakmas : Kau Tak Seperti Dulu Lagi ^^

Menggulung Lidah