Skip to main content

Perjalanan Luar Biasa


Sudah dua tahun ini , menjelang bulan Ramadhan, Bagian Perencanaan dan Keuangan melaksanakan acara berbagi kebahagiaan dengan sesama. Tahun ini , acara tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 17 Juli 2012 dengan tujuan Panti Asuhan Anak-Anak Cacat dan Terlantar Yayasan Sayap Ibu Bintaro.

Bertolak dari kantor pukul 10.30 WIB dan tiba di panti pada pukul 11.45 WIB. Pertama yang kami lihat adalah bangunan yang cukup bersih dan suasana yang cukup nyaman. Sebelum kami bertemu dengan anak-anak panti, kami diberikan suguhan berbagai informasi mengenai Yayasan Sayap Ibu. Sampai saat ini ada 33 anak yang dirawat di sana. Anak-anak di sana dirawat oleh perawat-perawat yang berhati mulia. Setiap dua perawat merawat 3 anak. Mereka bekerja secara tulus siang dan malam untuk menjaga dan merawat anak-anak di panti dan hanya mendapatkan gaji sosial antara 400rb-450rb.. Subhanallaaahhhh....

Dari informasi yang kami dapat, anak-anak yang berada di Yayasan Sayap Ibu Bintaro ini adalah anak-anak cacat yang terlantar. Artinya anak-anak tersebut tidak diketahui orang tuanya atau diterlantarkan orang tuanya. Hampir semua dari mereka adalah anak yang tidak diinginkan oleh orang tuanya. Setiap anak memiliki riwayat masing-masing. Ada yang ditinggalkan di taxi, ada yang dibuang di kuburan, tempat sampah, rel kereta api dan ada yang di serahkan langsung oleh orang tuanya ke panti. Kebanyakan alasannya adalah masalah ekonomi. Sungguh miris mendengarnya.

Dalam kesempatan yang baik itu pula, pengurus panti memberikan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi kami seperti pentingnya mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang selama kehamilan. Hal ltersebut harus dilakukan oleh setiap ibu hamil agar anak dalam kandunganya tumbuh sehat dan terlahir normal. Penyebab anak terlahir cacat antara lain adalah kurangnya asupan gizi saat dalam kandungan, pengkonsumsian obat sembarangan, polusi yang berlebih dan kegagalan proses pengguguran saat dalam kandungan. Sehingga ibu hamil harus selalu menjaga kesehatan bayi dalam kandungan agar anak yang terlahir menjadi generasi yang kuat, sehat dan normal.

Selain hal-hal yang tersebut di atas, beberapa faktor penyebab kelahiran bayi cacat adalah pada saat hamil ibu terkena virus TORCH yaitu toxso plasma gondii, rubella, cyto megalo virus dan herpes simplex virus. Hal yang perlu diperhatikan jika ibu terdeteksi virus tersebut segeralah hubungi dokter. Dengan demikian pertumbuhan virus tersebut dapat dihambat atau bahkan dihilangkan, sehingga dampak yang dihasilkan tidak terlalu parah dan anak terlahir normal.

Pada akhirnya jika seorang anak yang terlahir terdeteksi mengalami kecacatan, maka penanganan sejak dini sangatlah perlu. Kita harus segera mengkonsultasikan kepada dokter agar anak segera dapat ditangani oleh ahlinya dan kecacatan dapat dminimalisasi, dengan harapan anak tersebut tumbuh selayaknya anak normal lainnya.

Perjalanan kali ini bukanlah kami yang memberi, tapi kamilah yang menerima banyak hal dari mereka. Mereka diciptakan Tuhan bukan sebagai bahan olok-olok tapi mereka diciptakan Tuhan sebagai bahan pembelajaran bagi kita agar kita menjadi manusia yang selalu bersyukur, ikhlas dan penuh kasih sayang.

Cerita Bunda
17 Juli 2012
^^

Comments

Popular posts from this blog

Mau ASI Banyak? Yakin Kuncinya... :D

Aku mau berbagi cerita masalah ASI ku yang berkurang berapa minggu aku masuk kerja setelah melahirkan.
Guna memberikan ASI Ekslusif kepada anakku, aku udah menyiapkan segala sesuatunya sebelum masuk kantor setelah selama 2 bulan cuti setelah melahirkan... uuuuhhhhh.... rasanya berat banget ninggalin Dzaky, diakan lagi lucu-lucunya... ga tegaaaaaaaa!!!!! tapi ya gimana lagi. AKU HARUS BISA!!!!
Menyiapkan peralatan untuk Memerah ASI di kantor agak membuatku berpikir "Ribet!" Awalnya aku berpikir begitu. Bayangkan aja setiap hari aku harus membawa cooler bag, botol penyimpan asi, pompa, lap... tapi setelah dijalani ga seribet bayanganku (makanya jangan bayangin yang ribet-ribrt)hehehehe...
Berapa minggu berjalan lancar,, tapi,,, tapi,,,, tapi apa yang terjadi dengan ASI??? Tiba-tiba ASI ku berkurang.. Kenapa ini??? AKu sedih... :( Bagaimana nasib anakku...
yang biasanya aku bisa mompa 150ml an sekali mompa, ini untuk mendapatkan 100ml aja begitu susah. Aku bertanya kesana kemari, a…

Menggulung Lidah

Menggulung lidah.. Mungkin untuk sebagian orang hal ini sangat mudah dilakukan, tapi jangan salah,  untuk sebagian orang lainnya bisa jadi hal ini sangat susah bahkan tidak bisa melakukannya. Awalnya sih enggak begitu "ngeh" kalo hal ini bisa menjadi sangat menarik. Karena di keluargaku semuanya bisa menggulung lidah. Apa susahnya coba. Gampang sekali kan menggulung lidah? Itu pendapatku dulu.

Tapi hal ini menjadi menarik ketika tahu bahwa sebagian besar dari keluarga suamiku enggak bisa menggulung lidahnya. Hahaha sempet yang ketawa geli gitu lihat orang enggak bisa menggulung lidahnya. Astagfirullaaahhh... Langsung deh keinget sama pelajaran sewaktu di SMA. Pelajaran biologi mengenai gen. Hayo siapa yang masih inget? Hahaha jangan dikira aku masih inget dengan jelas juga ya.

Yang aku inget sih cuma sebagian kecil aja dari  keseluruhan isi bab mengenai gen tersebut. Antara lain mengenai sifat-sifat manusia itu diwariskan kepada keturunannya melalui gen. Gen ini ada yang be…

Anakmas : Kau Tak Seperti Dulu Lagi ^^

Hai hai bundaaaa... Masih inget ga jajanan yang paling terkenal sejagat raya waktu jaman masih kecil??? hahahaha *mulai lebaynyaaa ^^
Hayoooo diingat-ingat lagi... Ada yang sudah ingat??? Ada yang inget anakmas ga?? Inget? Inget?? Mau?? Mau??
Samaaaa.... :D bunda jugaaa kangen banget ma jajanan yang satu itu. Waktu itu kayaknya harganya Rp.150... Wiiidiiihhhh... inget benerrr,. Ya inget dunk, wong setiap kali punya uang yang dipikirin cuma anakmas. Setiap dapet uang berapapun yang dipikirin, uang ini bisa dapet anak mas berapa ya??hahaha *anak2labil

Nah kemarin-kemarin ada temen yang nawarin, mau anakmas ga?? Langsung dunk bunda jawab dengan semangt 45 "Mauuuuuu!!!!" Ternyata di group BB ada yang jual anak mas. Pesen banyak dunk. Kita bagi berduaaa... Dan kemarin pesanan dateng :D
Perasaan bunda langsung dag dig dug dueeerrr gituuu, kayak mau ketemu temen lama gituuuhhh... Dan pas liat pertama agak kecewaaaa... Loohhh kok tampilannya gini?? Hmmm terus ga ada bumbu sachetnya?…