Tolong, Terima Kasih dan Maaf


Tentu sebagai orang tua kita senang sekali jika melihat perkembangan buah hati, secuil apapun itu perkembangannya. Nikmat sekali rasanya bisa menyaksikan polah pintarnya setiap hari. Sejak kecil Dzaky sudah bunda biasakan dengan ucapan terima kasih, tolong serta maaf. Dari ketiga kata ajaib tersebut yang paling sering dipraktekan adalah kata terima kasih. Hampir setiap saat kita akan mengucapkannya, saat kita diberi bantuan oleh orang lain, diberi sesuatu oleh orang lain, diingatkan oleh orang lain, dan masih banyak lagi aplikasi dari kata terima kasih ini.

Begitu juga dengan kata tolong. Tak jarang kita membutuhkan bantuan orang lain dan tentunya kita harus memintanya dengan didahului atau diakhiri dengan kata tolong. Ini menunjukan bahwa kita meminta tolong kepada orang lain, bukan menyuruhnya. Ya bisa dibilang nyuruh dengan cara lebih halus dan sopan kali yaaa...hihihi

Sejak Dzaky sudah bisa berbicara, Dzaky sudah pinter mengucapkan kata terima kasih, walau pengucapannya belum sempurna. Pengalaman menarik dengan kata terima kasih ini saat Dzaky minta sesuatu dan kita turuti maka Dzaky akan berkata "aciii ayang" maksudnya adalah "terima kasih sayang" hihihi bunda mana coba yang ga klepek-klepek dibilang sayang ma jagoan kecilnya.hahahaha

Di lain waktu saat Dzaky minta tolong , Dzaky akan berkata "Bunda, ambilin air dunk, tolong!" atau "Bi, bukain dunk, Tolong!!!" Seketika itu hati bunda dan abi langsung melayang, kesengseng an bangga. Subhanallaaahh... Langsung deh bunda dan abi peluk Dzaky dan cun pipinya.. gemesss...

Tapi apa kabar dengan kata maaf? Kata maaf agak jarang digunakan karena memang disaat-saat tertentu saja kita mengatakan "maaf". Disaat kita tidak sengaja maupun sengaja berbuat hal-hal yang tidak diinginkan.. Nah,,, ini juga yang sedang bunda ajarkan kepada Dzaky. Karena Dzaky sangat susah jika disuruh bilang maaf. Pasti akan diam saja. Mungkin cara bunda meminta Dzaky mengucapkan maaf yang kurang benar dan sedikit memaksa. Pernah suatu kali Dzaky menumpahkan air di lantai, saat ini reaksi bunda hanya diam berusaha tetap sabar. Dan tak disangka-sangka dengan mimik merasa bersalah Dzaky bilang "Nda.. Maaf.." Saat ini juga marah bunda langsung ilang. Langsung bunda peluk dan bilang "iya bunda maafin Dzaky, besok lagi jangan diulangi ya.. Bunda sayang Dzaky" Dan Dzaky tersenyum puas... *moment yang indah

Tapi sepertinya moment indah itu jadi jarang terjadi lagi sekarang. Dzaky sulit mengucapkan kata maaf. Kalo kata tolong dan terim akasih sih udah fasih..hihihi ^^ Tapi kalo disuruh bilang maaf suliiitt sekali. Kenapa ya? Gak apa2 namanya juga masih belajar ya nak... Ayo kita belajar lagi kata "maaf" sayang... Meminta maaf bukan berarti jika jadi lebih rendah dari orang yang kita mintain maaf lo. Jika kita berani meminta maaf atas kesalahan yang kita perbuat itu adalah perbuatan yang sangat mulia. Dzaky pasti bisa,... :kiss


Cerita Bunda
5 Nov 2012
^^






Comments

  1. jangankan anak kecil bun,, yang gede aja susah kog minta maaf bun, hihi,, ayo semangat terus ngajarinnya yaa,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh bener... Harus kasih teladan dulu buat Dzaky.. InsyaAllah nt Dzaky bisa... lucu deh kalo kamu denger dia minta tolong.. "bii.. ambilin bola dunk, tolong biiii..." hihihi

      Delete
  2. masi berproses mbak.. anak sy aja kadang kalo minta maaf masih suka sulit kok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. segala sesuatu emang butuh proses :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau ASI Banyak? Yakin Kuncinya... :D

Anakmas : Kau Tak Seperti Dulu Lagi ^^

Menggulung Lidah