Monday, October 7, 2013

Luka Jempol

Sabtu Minggu waktunya kumpul keluarga dong. Bener enggak kawan? Tapi nih, beberapa kali weekendnya kurang asyik soalnya bundanya lagi suka mual-mual. Jadi, enggak bisa full main sama Dzaky. Bahkan beberapa kali dzaky minta suapin, terpaksa bunda delegasikan ke abi soalnya enggak kuat dengan bau makanannya. Maaf ya sayang...

Nah, kejadian deh tuh Minggu kemarin. Karena kurang pengawasan, Dzaky asyik main roda motor. Dia puter-puterin gitu. kejepitlah tangan imutnya. Nangis kejer. Pas itu bunda lagi bobo di kamar saking enggak kuat mualnya. Denger Dzaky nangis langsung dong bangun, kaget. 

Abi     : Bunda, Dzakynya berdarah nih
Bunda : kenapa? *makin kaget
Abi     : mainan motor, kejepit roda kayaknya
Dzaky : *nangis kejer

Bunda peluk sambil niupin tangannya. Panik banget deh walopun cuma jempol yang terluka, soalnya ini pertama kalinya Dzaky berdarah yang lumayan sampai kulitnya terkelupas lumayan dalem dan kukunya ilang dikit. Nah, yang bikin panik lagi, kita enggak punya alat P3K di rumah. Memang udah dari kapan pengen banget beli kotak P3K dan diisi sama obat-obat yang diperlukan bila terjadi hal-hal seperti tadi. Tapi kok ya belum terealisasi sampai sekarang. Dan karena kejadian itu kita jadi semangat buat segera merealisasikan. Yaelah nunggu terluka dulu baru disiapin obatnya. Memang sedia payung sebelum hujan itu bener banget, perlu. Beruntung ada tetangga yang punya. Soalnya pas nyari di Nek Uti pas enggak ada juga. Hebatnya pas dikasih obat merah Dzaky enggak kesakitan dong, padahal dulu jama kecil kalo bunda dikasih obat merah pasti deh jerit-jerit enggak tahan perihnya. 

Nah, terus kalo udah kejadian seperti itu apa yang dilakukan? 
  1. Usahakan jangan panik, kalo bunda abi udah panik nanti yang terluka makin panik juga kan. Jadi usahakan setenang mungkin.
  2. Tenangkan anak, bisa dengan dipeluk.
  3. Bersihkan luka lalu kasih obat merah. 
  4. Biarkan lukanya kering dengan sendirinya.
  5. Kalo bisa, tidurkan anak agar sakitnya enggak begitu berasa. 
Semoga kejadiannya ini enggak terulang lagi. Alhamdulillah tadi pagi lukanya udah sedikit mengering, walau ada beberapa bagian yang masih terliat basah. Ada percakapan lucu nih soal luka itu tadi pagi.

Dzaky : Bunda sembuh
Bunda : Apanya?
Dzaky : ini.. *nunjukin jempolnya
Bunda : alhamdulillah 
Dzaky : dipegang ya bunda
Bunda : iya pegang aja enggak apa-apa
Dzaky : Waaahhh sembuh *artinya pas dipegang udah enggak sakit

Alhamdulillah... Lucunya lagi, kalo dipikir sih itu luka ringan ya, jempol aja yang terluka. Tapi heboh banget deh Dzakynya, bundanya juga ding. Sampai-sampai enggak mau mandi sore, maunya di elapin aja dan dzaky begitu hati-hati dalam menjaga jempolnya biar enggak kesonggol apapun. Jadi tanggannya diangkat terus gitu. Lucu banget. Hihihi




35 comments:

  1. hehehe... anak- anak yaa... samaan kaya Kanaya, klo lecet di dengkul , ga mau ditekuk dengkulnya... lebay abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh lebay nya ngalahin bundanya.. wakakak

      Delete
  2. hehe.. lucunya...
    untuk tidak panik itu susah ya bun.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang mbak Noph.. Enggak segampang ngetik postingan ini.. hihihi

      Delete
  3. Tapi saya ngebayanginnya jadi linu mba... Alhamdulillah sudah sembuh ya, Dzaky :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sudah sembuh. Mudah2an enggak minta mandi elap lagi. Soalnya enggak manteb kalo mandi tanpa jebar jebur.. hihihi

      Delete
  4. Hihihi Dzaky gemesiiin..

    Iya yah, kadang suka males nyiapin alat2 p3k, tapi pas butuh langsung jumpalitan bingung. Aku juga mulai bawel nih sama suami supaya nyiapin p3k di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Be.. harus sedia dari sekarang. Apalagi mau punya baby... Lancar ya lairannya ^^

      Delete
  5. walau sakit tetep aja mas Dzaky ngegemesinn... ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya Mom.. Aku aja gemes sama dia *lah

      Delete
  6. Dzaky harusnya begitu hebat bisa nahan sakit.

    Jangan panik lagi ya Mbk.

    ReplyDelete
  7. hihihihi
    saya belom pernah mengalaminya, punya anak yang cedera
    tapi melihat keponakan saya yang cedera saja saya ikutan panik
    gimana kalo anak sendiri yaaa
    belom bisa bayangin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panik pasti mbak.. Tapi harus sebisa mungkin tenang biar bisa menangani lukanya^^

      Delete
  8. Catatan khusus nih buat saya. Menyiapkan P3K di rumah. :)
    Sekarang sudah sembuh kan, Dzaky?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah udah sembuh.. Aku juga sekarang udah ada P3K di rumah tinggal beli kotaknya ^^

      Delete
  9. mudah2an sudah sembuh ya sekarang, Dzaky hati2 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaapp Mama... Udah sembuh alhamdulillah ^^

      Delete
  10. kebayang deh, kayak apa paniknya Bunda. Tapi bener juga, jangan panik ketika menghadapi seperti ini sebab kepanikan yang dilihat sang anak akan tertanam di benaknya dan itu akan berpengaruh ketika kelak dia sudah dewasa.
    Salam gemes untuk Dzaky, Bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali Abi Sabila.. Memang kita tidak perlu meperlihatkan kepanikan di depan anak...

      Salam gemesnya diterimaaa ^^hihihi

      Delete
  11. Agak repot juga ya bund kalo pake mual2, musti ngurus Dzaky pula. Smoga kejadian ini tidak terulang lagi. Dzaky cepet sembuh ya. . . . Amin

    Saya dulu sampe mau melahirkan masih suka mual2 hikz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan mbak.. Jadi suka merasa bersalah ketika Dzaky pengen main sama bundanya tapi bundanya lagi mual.. Hiksss Semoga mual2nya segera berlaluuuu.. aamiinn ^^

      Delete
  12. Dzaki begitu hati2 menjaga lukanya ya bun, mirip anak saya zidane, kalo kena luka walopun cm sedikit langsung minta di tutup plester dan nggak boleh kena air sedikitpun...hehehe

    sekarang jempolnya udah sembuh kan dzaky?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah udah sembuh Mam... Anak2 memang lucu ya kalo menjaga sesuatu khususnya bagian tubuhnya ^^ bikin gemes :)

      Delete
  13. waa dzaky udah mu pny adik.. selamat! :D

    jav jg pernah berdarah2 gara2 kebeset jepitan kue.. jepitan kue padahal, bukan pisau atau benda tajam lainnya tp darahny ga mau berhenti.. berusaha tenang walaupun wkt itu panik bgt huhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiihhh Bunda Jav...

      Walah pasti panik banget tuh kalo udah liat anak berdarah gitu... Kita harus waspada selalu ^^

      Delete
  14. sy juga gak punay kotak P3K, tp stok obat2an ada cuma suka di mana2 nyimpen jd kadang suka bingung pas butuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending tuh masih ada stok obat2nya, la aku malah belum punya, bingungnya kalo pas kejadian..

      Itu lah gunanya kotak P3K biar enggak kececer..hihihi

      Delete
  15. nah klo keponakannku luka meskipun luka kecil, nangisnya itu sampai berjam-jam dan wajahnya melas gitu, padahal cuma luka goresan kecil, dan kecil-kecil heboh gitu, minta diksi ini itu lukanya :D
    lucu sih tapi ya kasian juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi lucu banget sih keponakannya.. Emang anak kecil suka heboh gitu ya.. :D

      Delete
  16. iya mb..yg pertama memang gak boleh panik..kl emaknya panik biasanya anak jg ikut panik & takut ^_^..
    ah dzaky pinter deh...smg jempolnya gak sakit lg yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Alhamdulillah udah enggak sakit... Udah sembuh sekarang...

      Bener nahan biar ga panik itu perlu banget ^^

      Delete
  17. meski cuma jempol yang sakit biasanya seluruh badan, hehehe. telunjukku kapalan karena terlalu banyak nulis, waktu terkelupas, ya ampuuun meriang ini badan :D syukurlah sekarang dzaky sudah gak apa2, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Indi.. Alhamdulillah udah baikan n sehat ^^

      Delete