Monday, April 18, 2011

Perlengkapan ASI Eksklusif

Terinspirasi oleh seorang teman yang bertanya apa aja sih perlengkapan yang harus disediakan untuk memberika ASI eksklusif bagi ibu bekerja.. Hhhmmm cukup menarik untuk diceritakan.

Sebelumnya mungkin bunda berbagi soal kesiapan mental saja, tapi kali ini bunda mau berbagi kesiapan materialnya (yaelah bund bahasanya resmi amat, biasa aja kaliiii... hehehe). Sebelumnya bunda berpikir kalo kesiapan kayak gitu sih semua orang udah tau, tapi ternyata enggak juga, mungkin bukannya ga tau tapi hanya kurang tau dan masih bingung aja. Apalagi kalo ini pengalaman yang pertama buat bunda.. (ya kan bund...???)

Langsung aja ya..

1. Pompa ASI
Kalo bunda memutuskan buat memeras dengan pompa, tentunya bunda harus punya pompanya.. (ya iya lah..hihihi) tapi berdasarkan pengalaman bunda, bunda lebih suka meras dengan tangan. Tapi itu semua bunda kembalikan pada bunda masing-masing. Pokoknya yang paling enak dan nyaman buat bunda aja deh (jadi lebih menyenangkan ritual merasnya,,,hihihi)

2. Botol Kaca Penyimpan ASI
Nah kalo yang satu ini bunda butuh lumayan banyak, kalo bunda ci pakai botol UC. Alasan bunda ci karena bunda butuh banyak kalau pake botol UC kan lebih murah jatuhnya..hihihi (yang penting bunda cuci bersih terus bunda rebus, mudah-mudahan ci steril)
Pokoknya sediakan botol kaca banyak cos bunda bakal nyetok ASi selama cuti dan itu butuh banyak botol, minimal 2 lusin lah... belum lagi botol yang dibawa buat nyimpan ASIP selama di kantor.

3. Warmer ASI
Sebenernya ci ga pake warmwr juga ga masalah ci, bisa pake air dalam mangkok aja. Tapi kalo pake warmer lebih praktis aja, ga ribet... Tinggal taruh dan pencet, tunggu deh sampai anget dan temperaturnya juga udah sesuai (40 derajat Celcius)

4. Cooler Bag dan Ice Gel
Keduanya berguna buat bawa ASI dari kantor ke rumah biar suhunya tetep dingin jadi ASI nya ga rusak, apalagi kalo rumah bunda jauh dari kantor.

5. Kotak penyimpan botol kaca
Karena botol kacanya banyak, pastinya bunda butuh tempat buat penyimpanannya biar ga kotor dan ga berantakan.Bisa pake apa aja, pake kotak yang udah ada di rumah juga ga papa.. hehehe

6. Sterilizer
Kalo yang ini buat mensterilkan botol atau peralatan baby lainnya setelah dicuci (ini buat bunda yang ga mau ribet, biasanya udah jadi satu ma warmer ASI). Nah kalo bunda sendiri ci ga pake alat ini. Setelah dicuci botolnya bunda rendam pake air panas aja.hehehe


Kayaknya ci itu aja perlengkapan yang dibutuhkan buat selama pemberian ASI Eksklusip buat bunda-bunda bekerja... Mudah-mudahan bermanfaat. Tapi semua keputusan ada di tangan bunda, mau pake apa aja yang penting bunda nyaman dengan hal itu dan bisa memberikan ASI Eksklusif 6 bulan buat buah hati kita tersayang adalah hal yang paling utama.






Cerita Bunda
18 April 2011
^^

1 comment: