Skip to main content

Lawan Dengan Kelembutan



Anak bunda semakin hari semakin pinter dan semakin menjadi anak yang berkemauan keras. Setiap memiliki kemauan, dia selalu ingin kemauannya dituruti dengan segera. Jika tidak, Dzaky akan berteriak atau menangis. Bunda dan abi mencoba bersabar dan mengajarkan Dzaky menjadi anak yang lebih sabar dan mengerti. Tak jarang hal tersebut bikin bunda naik pitam dan pengen nyubit tuh pipi Dzaky (hahahaha sabaarr buunnddd). Tapi tentu saja bunda urungkan niat tersebut, kekerasan ga bakal merubah Dzaky menjadi semakin baik, bahkan dengan begitu bisa jadi membuat Dzaky makin keras.

Seperti kejadian malam minggu kemarin... Akhir-akhir ini emang anak bunda sudah ngerti main keluar dan hobby banget. Ga siang, sore, malam, pengennya keluar buat main teruuusss... Huuuffhh
Dan malam Minggu kemarin Dzaky minta main keluar, kita turuti awalnya. Memang bunda dan abi bertekad ga mau membatasi gerak Dzaky. Biarlah Dzaky mengeksplor segala yang ada di sekitarnya.. Tapi malam itu, sampai jam 9 malam lebih Dzaky enggan masuk ke rumah. Akhirnya dengan berat hati abi paksa Dzaky masuk ke rumah. Sudah bisa ditebak apa yang terjadi kan. Dzaky nangis sekenceng-kencengnya. Dialihkan dengan berbagai mainan, Dzaky tetap tak mau berhenti menangis. Yang dzaky katakan cuma "main-main" "keluar-keluar" begitu terusss.. Sampai bunda agak kesel dan agak marah sama Dzaky. Dzaky makin kenceng dunk nangisnya.. Astagfirullah.. Akhirnya bunda menahan emosi dan mencoba dengan cara yang lebih lembut kepada Dzaky. Bunda buka pintu balkon atas. Terlihat begitu gelap dan sunyinya malam itu. Lalu bunda jelaskan panjang lebar kepada Dzaky, begini ocehan bunda :

"Dzaky sayang, anak bunda yang baik... Coba Dzaky lihat, di luar sudah gelap karena sekarang sudah malam. Kalo udah malam adanya bintang dan bulan dan udah ga ada matahari. Makanya gelap... (hehehe benerkan yang bunda bilang, ga boong...wakakaka).. Sekarang, anak-anak yang baik sudah pada bubu, makanya Dzaky bubu juga ya.. Besok main lagi kalo udah mandi dan makan.. Ok sayang..."

Dan taukah apa reaksi Dzaky??
Dzaky langsung menghentikan nangisnya... Dzaky mengangguk-angguk seolah-olah ngerti dan paham yang bunda omongin.. Terus dzaky bilang "yaaa.." "boo booo... antuukk"...

Duuhhh senengnya bundaaa... Alhamdulillah.. Akhirnya Dzaky ngerti... 
Ini pelajaran yang sangat berharga buat bunda, bahwa menghadapi anak yang sedang menangis dan keras kemauan (atau biasa disebut ngeyel) adalah tidak dengan cara kekerasan tapi dengan cara yang lembut. Jelaskan dengan kata-kata yang mudah dimengerti, dan jelaskan dengan fakta bukan kebohongan... InsyaAllah anak akan mengerti dan paham mengapa kita melarang main keluar malam-malam...

Demikian curhatan bunda soal cara menghadapi Dzaky yang sedang ngeyel... hihihi
Jadilah anak yang sabar ya Dzaky... Dzaky pasti bisaaa ^^.. Bunda juga akan lebih berusaha lagi agar bisa jadi bunda yang lebih sabarrr.... Terima kasih nak, seperti yang selalu abi katakan kepada bunda "Dzaky dihadirkan untuk kita, agar kita bisa menjadi manusia yang lebih sabar lagi. Allah mengirimkan Dzaky kepada kita agar kita belajar menjadi pribadi yang lebih baik dan sabar"...
Terima kasih biii, abi selalu dengan sabar membimbing bunda menjadi manusia yang lebih baik, khususnya menjadi istri dan bunda yang lebih baik dari hari ke hari... Bunda sayang kaliann.. :* kiss n hug muaaaahh :)




Cerita Bunda
18 juni 2012
^^

Comments

Popular posts from this blog

Mau ASI Banyak? Yakin Kuncinya... :D

Aku mau berbagi cerita masalah ASI ku yang berkurang berapa minggu aku masuk kerja setelah melahirkan.
Guna memberikan ASI Ekslusif kepada anakku, aku udah menyiapkan segala sesuatunya sebelum masuk kantor setelah selama 2 bulan cuti setelah melahirkan... uuuuhhhhh.... rasanya berat banget ninggalin Dzaky, diakan lagi lucu-lucunya... ga tegaaaaaaaa!!!!! tapi ya gimana lagi. AKU HARUS BISA!!!!
Menyiapkan peralatan untuk Memerah ASI di kantor agak membuatku berpikir "Ribet!" Awalnya aku berpikir begitu. Bayangkan aja setiap hari aku harus membawa cooler bag, botol penyimpan asi, pompa, lap... tapi setelah dijalani ga seribet bayanganku (makanya jangan bayangin yang ribet-ribrt)hehehehe...
Berapa minggu berjalan lancar,, tapi,,, tapi,,,, tapi apa yang terjadi dengan ASI??? Tiba-tiba ASI ku berkurang.. Kenapa ini??? AKu sedih... :( Bagaimana nasib anakku...
yang biasanya aku bisa mompa 150ml an sekali mompa, ini untuk mendapatkan 100ml aja begitu susah. Aku bertanya kesana kemari, a…

Menggulung Lidah

Menggulung lidah.. Mungkin untuk sebagian orang hal ini sangat mudah dilakukan, tapi jangan salah,  untuk sebagian orang lainnya bisa jadi hal ini sangat susah bahkan tidak bisa melakukannya. Awalnya sih enggak begitu "ngeh" kalo hal ini bisa menjadi sangat menarik. Karena di keluargaku semuanya bisa menggulung lidah. Apa susahnya coba. Gampang sekali kan menggulung lidah? Itu pendapatku dulu.

Tapi hal ini menjadi menarik ketika tahu bahwa sebagian besar dari keluarga suamiku enggak bisa menggulung lidahnya. Hahaha sempet yang ketawa geli gitu lihat orang enggak bisa menggulung lidahnya. Astagfirullaaahhh... Langsung deh keinget sama pelajaran sewaktu di SMA. Pelajaran biologi mengenai gen. Hayo siapa yang masih inget? Hahaha jangan dikira aku masih inget dengan jelas juga ya.

Yang aku inget sih cuma sebagian kecil aja dari  keseluruhan isi bab mengenai gen tersebut. Antara lain mengenai sifat-sifat manusia itu diwariskan kepada keturunannya melalui gen. Gen ini ada yang be…

Anakmas : Kau Tak Seperti Dulu Lagi ^^

Hai hai bundaaaa... Masih inget ga jajanan yang paling terkenal sejagat raya waktu jaman masih kecil??? hahahaha *mulai lebaynyaaa ^^
Hayoooo diingat-ingat lagi... Ada yang sudah ingat??? Ada yang inget anakmas ga?? Inget? Inget?? Mau?? Mau??
Samaaaa.... :D bunda jugaaa kangen banget ma jajanan yang satu itu. Waktu itu kayaknya harganya Rp.150... Wiiidiiihhhh... inget benerrr,. Ya inget dunk, wong setiap kali punya uang yang dipikirin cuma anakmas. Setiap dapet uang berapapun yang dipikirin, uang ini bisa dapet anak mas berapa ya??hahaha *anak2labil

Nah kemarin-kemarin ada temen yang nawarin, mau anakmas ga?? Langsung dunk bunda jawab dengan semangt 45 "Mauuuuuu!!!!" Ternyata di group BB ada yang jual anak mas. Pesen banyak dunk. Kita bagi berduaaa... Dan kemarin pesanan dateng :D
Perasaan bunda langsung dag dig dug dueeerrr gituuu, kayak mau ketemu temen lama gituuuhhh... Dan pas liat pertama agak kecewaaaa... Loohhh kok tampilannya gini?? Hmmm terus ga ada bumbu sachetnya?…