Butuh Stok Sabar

Hari ini Dzakyku tepat memasuki usia 32 bulan. Sungguh mengharukan jika mengingat betapa cepatnya anak kita tumbuh. Rasanya baru kemarin aku melahirkan, menyusui, menggendongnya dalam dekapan. Tapi sekarang, jagoanku sudah tumbuh semakin besar, tentu dengan perkembangan yang sangat luar biasa.

Apa emang lagi masanya apa gimana ya, beberapa hari ini, Dzaky begitu menguji kesabaranku dan Abi. Dzaky agak susah kalo dikasih tau. Pasti deh keluar kalimat penyangkalan dari mulut kecilnya yang sexy itu. Kadang dia melakukan hal-hal yang benar-benar membutuhkan stok sabar yang berjuta-juta. Tak jarang juga tingkah polah uniknya itu membuat bunda dan abi menjadi sedikit naik darah.

Betapa tidak, pernah suatu kali dia membuka kulkas, mengambil abon yang dia sebut dengan bumbu dalam kotak. Katanya, "nda, bumbu, ndaaa.. Dzaky mau makan pakai bumbu.." belum juga bunda menghampiri, Dzaky sudah ketawa girang sambil loncat-loncat di atas abon yang sudah berceceran dilantai. :hufh

Di lain waktu, Dzaky menuangkan air sebotol besar di atas karpet dan seperti yang sudah-sudah, Dzaky loncat-loncat kegirangan di atasnya.*elus dada seratus kali.

Atau saat hobi main air yang begitu menggebu. Segala mobil, motor, mainannya dia semuanya dicuci. Ga masalah sih, tapi kalo terus-terusan bikin becek ya lama-lama gregetan juga kan bundanya. Hehehe

Cerita yang bikin gregetan lainnya adalah saat makan. Saat mau makan, Bunda pasti tawari Dzaky mau makan apa? Dia jawab pengen makan ayam, pas udah dibuatin, langsung tutup rapet mulut sambil buang muka. Dzaky minta ganti menu, Bunda buatin, eeehh gitu lagi.. Gemes banget kan Bundanya.. Hihihi Sabar sabaarr.. Memang menghadapi anak seusia Dzaky nih harus punya stok sabar sekontainer ya. Hihi

Aku bertanya-tanya apa yang salah dengan pola asuhku, apa aku pernah memberikan contoh yang enggak baik buat dia, apa memang itu lagi masanya anak seumuran dia? Tapi apapun itu, aku akan berusaha dan selalu belajar agar bisa menjadi orang tua yang baik buat Dzaky. Aku berharap Dzaky menjadi anak yang sholeh, baik, dan selalu membanggakan orang tuanya. aamiinn Semoga bunda dan Abi diberikan Allah kesabaran yang berkali lipat saat menghadapi tingkah unikmu, Nak...Aamiinn

"Nak.. Bunda dan Abi sayang sama Dzaky,
Seunik apapun itu tingkahmu, Bunda selalu yakin...
Itu hanya wujud ekspresi, wujud rasa ingin tau,
wujud ekplorasi dirimu untuk menjadi pribadi yang semakin mandiri...

Wujud pelarian dari energi yang berlebih,
wujud dari penuangan ide-ide yang ada di otakmu...

Apapun itu.. semoga suatu saat, kau menuangkannya dalam hal yang positif dan bermanfaat... aamiinn
Bunda dan Abi selalu mendukung hal possitif yang kamu lakukan..."
(Pelukkk Dzaky)

 Love you, Nak.. :*



Comments

  1. aku juga sempat berpikir pola asuhku selama ini ada yg salah saat Kanaya begitu susaaah diatur, ternyata memang hanya perlu memanjangkan sumbu kesabaran..... kk dzaky ganteng, tambah cerdas ya nak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu ya bund, soalnya agak takut ya kalo sampai salah asuh, salah didik... hiks

      Berarti tinggal siapin sumbu sabar yang panjang ya bund... ^^

      Aamiinn makasih ya Bunda Kanaya ^^

      Delete
    2. setuju setuju...
      aku juga sempat bertanya tanya, apa yang salah yaa
      kok susaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah sekali makan, gak kayak anak orang lain yang selalu mengap lebar waktu disuapin...

      ternyata memang kuncinya cuma sabar

      Delete
    3. Iya bener,,.. kuncinya ya cuma sabar...

      Udah dirayu, dibujuk seperti apapun kalo emang lagi susah makan ya sudah sabar aja, berharap nanti dia mau makan lagi... ^^

      Delete
  2. hehe.. lucu ya mbak sebenarnya tapi ya sabarnya harus nyetok tuh :p
    saat ini hanya bisa menyimak dan kasih semangat,, *buat belajar saat usia kynan kyk dzaky hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih.. Seperti pas nulis ini aku sambil senyum-senyum juga sih ingetnya. Tapi kok kalo pas jalaninnya itu, aduuhhh pengennya jedotin kepala di bantal yg empuk.. hihi *tidur

      Semoga Kynan nurut terus ya sama orang tua.. ^^

      Delete
  3. hahaha... emang lagi masa2nya Bund... Anakku cewek super aktif... fuhh... yang namanya kokotoran, becek2an, dan tingkah laku yg bikin naik darah... itu mah biasa banget... hihi... :p
    Emang awalnya keseel banget, tapi lama2 terbiasa... ya emang udah saatnya begitu... kalau kotor ya bersihin (emang capek sih, apalagi kalau yg bantuin lagi mudik, ohh... )

    Tapi kadang dari maen kotor itu anak jadi trampil. Misalnya si kakak, dari usia 25 bulan kalau makan udah gak mau disuapin skarang... kekeuh makan sendiri. Akhirnya dikasihlah makan sendiri... Awal mula makan jangan harap rapih, kotor dimana2... Tapi tetep aku kasih makan sendiri... Sesekali dipaksa untuk mau disuapi. Eh... lama2 makannya rapi, cuma ninggalin remah2 sedikit... Sampai sekarang makan udah gak disuapin... Dia makan sendiri di bangkunya... :D :D

    Keuntungan memiliki anak memang salah satunya melatih kita untuk sabar.... Aku tuh dulunya gak sabaran, semenjak punya anak, gak berasa karakter sabar mulai tumbuh di kepribadian aku... Alhamdulillah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa... Pengen banget deh karakter sabar tumbuh subur juga di kepribadianku...

      Berarti yang aku alami wajar ya bund, suka mikir apa yang salah dengan aku dan suami. Tp iya juga sih, Dzaky nih sebelum dua th udah bisa ambil minum sendiri, makan sendiri walo berantakan.. Tapi kali ini kehebohannya makin menjadi...

      Doakan aku selalu sabar ya bund.. Seneng deh bund, baca komenmu... ^^

      Delete
  4. hihihi sama...
    Dija juga susah makan Tante...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh itu yang paling bikin gregetan.. Pengennya kan anaknya makan banyak ya biar sehat dan berisi..hihihi ^^

      Ayo Dija semangat...

      Delete
  5. hihihi..
    emang lagi masanya yah mak..
    sepertinya mereka sedang eksplorasi, kira2 kalau aku begini begitu bagaimana ya reaksi bunda abi? hehe..

    vania jg smpe skrg msh.. tp skrg dah makin gede, makin sering ngerjain bundanya... sabar lagi sabaar lagiii.. hihihi..

    makasih mak, udah kucatat jg yang ini.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kuncinya ya sabar lagiii sabar lagiii ya.. Cuma itu...

      Bener banget tuh, emang keliatan banget dia tuh pengen liat reaksiku. hehehe Suak lirik2 dulu kalo mau ngelakuin apa apa.. hahaha

      Delete
  6. Iya Tik, anak-anak seusia Dzaki ama anakku Athar memang lagi masa-masanya begitu, normal kok :) Kalau Athar disuruh mandi pasti gamau, tapi klo dibilangin, "Athar yuk kita maen air di KM", langsung semangat '45 dia mandi hehehe...Aku jg kadang2 menerapkan "Reverse Psychology" krn anak seumur Dzaki/Athar memang doyan melakukan kebalikan dari apa yg kita suruh, jd klo nyuruh Athar makan pasti dia malah ngacak2 makanan, tp kalo aku diem aja, pura2 sibuk makan sambil ngiming2in makanan ke dia...si Athar malah lahap makannya.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo jadi gitu ya.. Harusnya kita ikutan jual mahal gt ya..Hihihi

      Athar lucu juga ya.. Tapi, aku pernah nerapin gt malah Dzaky makin brutal. Makin cari perhatian.. :hufh :D

      Delete
  7. Hmmm butuh sabar tingkat tinggi ya mbak untuk mengasuh anak. wah jadi pingin cepet punya anak nih gara-gara Dzaki hihihi

    terima kasih sudah ikutan berceloteh di GA Vania’s May Day

    sudah tercatat sebagai peserta ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yihaaa.. Mudah2an segera punya anak ya..

      Sama2, makasih udah mau berkunjung ^^

      Delete
  8. anak2 kayaknya tempat kita melatih kesabaran :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau ASI Banyak? Yakin Kuncinya... :D

Anakmas : Kau Tak Seperti Dulu Lagi ^^

Menggulung Lidah