Skip to main content

Serba Serbi ASI PERAH

Terinspirasi dari keseharian bunda yang selalu memeras ASI di kantor, bunda jadi ingin berbagi cerita tentang ASI perah.
Untuk dapat memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pada buah hati tercinta, maka bagi para ibu bekerja tentu memerah ASI di kantor adalah suatu rutinitas yang tak bisa dihindarkan. ya kan bunda... ? :)

Bunda memeras ASI 4 kali setiap harinya selama di kantor... yaitu pukul 8 pagi, 10 pagi, 2 siang dan 4 sore. Hasilnya sih bervariasi antara 300ml-450ml.

ASI yang sudah diperas bunda simpan di botol-botol kaca, bisa juga pakai botol bekas UC-1000 (botolnya kita cuci dan di sterilisasi dulu) dan tutupnya kita ganti pakai tutup plastik. Ingat ya, saat memasukan dalam botol jangan kepenuhan, takutnya pecah pas di freezer (pengalaman pribadi) hehehe

Lalu masukan ASI yang sudah di botol ke dalam kulkas. Oia.. kalo mau masukin ASI ke Freezer jangan langsung ke freezernya, tapi di taruh di yang biasa dulu, setelah dingin baru dipindah ke freezer. Begitu juga kalo mau ngangetin dari freezer ga bole langsung diangetin tapi perlu dicairkan dulu di kulkas bawah, setelah mencair baru deh diangetin...

BATAS WAKTU PENYIMPANAN

Menurut yang bunda baca dan pengalaman...
ASI kuat sampai 4 jam di suhu ruangan biasa kalo di tempat ber- AC bisa sampai 8 jam.
Jika bunda taruh di Kulkas bawah (bukan freezer) ASI bisa kuat sampai 3 hari. Jika di freezer 1 pintu (freezer dan kulkas jadi satu) maka ASI kuat hingga 2 minggu. Bila Freezer bunda terpisah (2 Pintu) maka ASI bisa kuat hingga 3 bulan.
Menurut bunda sih prinsipnya selama ASI belum berubah warna dan baunya tidak amis atau busuk sih belum rusak..

Dulu Dzaky pernah ga mau ma ASI yang di simpan di kulkas, padahal baru 1 hari, tapi memang ASInya warnanya sudah agak kuning terus pas dicium agak amis ga enak gitu. Akhirnya bunda buang tuh sebotol penuh. Takut Kenapa-napa....

Cara bunda bawa ASI dari kantor ke rumah bunda pake cooler bag dan ice gel.
Jadi ASI yang sudah di botol di masukan di cooler bag bersama ice gelnya... Ice gel bisa kuat sampai 8 jam, tergantung suhu di luar sih.. Kalo suhunya lagi panas, ice gel nya jadi cepet meleleh...

Mudah-mudahan cerita bunda kali ini dapat bermanfaat ya..
SEMANGAT BUNDA!!!


Cerita Bunda
21 Maret 2011
^^

Comments

Popular posts from this blog

Mau ASI Banyak? Yakin Kuncinya... :D

Aku mau berbagi cerita masalah ASI ku yang berkurang berapa minggu aku masuk kerja setelah melahirkan.
Guna memberikan ASI Ekslusif kepada anakku, aku udah menyiapkan segala sesuatunya sebelum masuk kantor setelah selama 2 bulan cuti setelah melahirkan... uuuuhhhhh.... rasanya berat banget ninggalin Dzaky, diakan lagi lucu-lucunya... ga tegaaaaaaaa!!!!! tapi ya gimana lagi. AKU HARUS BISA!!!!
Menyiapkan peralatan untuk Memerah ASI di kantor agak membuatku berpikir "Ribet!" Awalnya aku berpikir begitu. Bayangkan aja setiap hari aku harus membawa cooler bag, botol penyimpan asi, pompa, lap... tapi setelah dijalani ga seribet bayanganku (makanya jangan bayangin yang ribet-ribrt)hehehehe...
Berapa minggu berjalan lancar,, tapi,,, tapi,,,, tapi apa yang terjadi dengan ASI??? Tiba-tiba ASI ku berkurang.. Kenapa ini??? AKu sedih... :( Bagaimana nasib anakku...
yang biasanya aku bisa mompa 150ml an sekali mompa, ini untuk mendapatkan 100ml aja begitu susah. Aku bertanya kesana kemari, a…

Menggulung Lidah

Menggulung lidah.. Mungkin untuk sebagian orang hal ini sangat mudah dilakukan, tapi jangan salah,  untuk sebagian orang lainnya bisa jadi hal ini sangat susah bahkan tidak bisa melakukannya. Awalnya sih enggak begitu "ngeh" kalo hal ini bisa menjadi sangat menarik. Karena di keluargaku semuanya bisa menggulung lidah. Apa susahnya coba. Gampang sekali kan menggulung lidah? Itu pendapatku dulu.

Tapi hal ini menjadi menarik ketika tahu bahwa sebagian besar dari keluarga suamiku enggak bisa menggulung lidahnya. Hahaha sempet yang ketawa geli gitu lihat orang enggak bisa menggulung lidahnya. Astagfirullaaahhh... Langsung deh keinget sama pelajaran sewaktu di SMA. Pelajaran biologi mengenai gen. Hayo siapa yang masih inget? Hahaha jangan dikira aku masih inget dengan jelas juga ya.

Yang aku inget sih cuma sebagian kecil aja dari  keseluruhan isi bab mengenai gen tersebut. Antara lain mengenai sifat-sifat manusia itu diwariskan kepada keturunannya melalui gen. Gen ini ada yang be…

Anakmas : Kau Tak Seperti Dulu Lagi ^^

Hai hai bundaaaa... Masih inget ga jajanan yang paling terkenal sejagat raya waktu jaman masih kecil??? hahahaha *mulai lebaynyaaa ^^
Hayoooo diingat-ingat lagi... Ada yang sudah ingat??? Ada yang inget anakmas ga?? Inget? Inget?? Mau?? Mau??
Samaaaa.... :D bunda jugaaa kangen banget ma jajanan yang satu itu. Waktu itu kayaknya harganya Rp.150... Wiiidiiihhhh... inget benerrr,. Ya inget dunk, wong setiap kali punya uang yang dipikirin cuma anakmas. Setiap dapet uang berapapun yang dipikirin, uang ini bisa dapet anak mas berapa ya??hahaha *anak2labil

Nah kemarin-kemarin ada temen yang nawarin, mau anakmas ga?? Langsung dunk bunda jawab dengan semangt 45 "Mauuuuuu!!!!" Ternyata di group BB ada yang jual anak mas. Pesen banyak dunk. Kita bagi berduaaa... Dan kemarin pesanan dateng :D
Perasaan bunda langsung dag dig dug dueeerrr gituuu, kayak mau ketemu temen lama gituuuhhh... Dan pas liat pertama agak kecewaaaa... Loohhh kok tampilannya gini?? Hmmm terus ga ada bumbu sachetnya?…