Skip to main content

Bangkitkan Kualitas Generasi Bangsa dengan ASI Eksklusif

ASI adalah cairan ajaib yang dianugerahkan Allah SWT kepada semua bayi yang lahir di dunia ini. Itu artinya ASI adalah hak setiap anak yang terlahir ke dunia. Bunda adalah orang yang diamanahkan untuk memberikan ASI kepada buah hati tercintanya.

Semangat untuk memberikan ASI eksklusif sangat dipengaruhi oleh niat dari bunda sendiri dan di dukung oleh lingkungan sekitar. Sayang sekali, seringkali niat tulus seorang bunda untuk memberika ASI eksklusif kepada buah hatinya, kadang terhalang oleh lingkungan sekitar yang masih kurang paham dengan pentingnya ASI eksklusif bagi buah hati.

Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan dirasa sangat berat bagi sebagian bunda karena tidak adanya dukungan dari lingkungan sekitar seperti nenek si bayi, suami dan kerabat terdekat lainnya. Atau bahkan karena kurangnya rasa percaya diri seorang bunda dengan jumlah ASI yang diproduksi sehingga merasa bahwa ASI-nya tidak cukup untuk bayinya.

Pertama yang harus diketahui adalah manfaat ASI bagi anak dan bunda :

  1. Kolostrum adalah cairan ASI yang pertama kali keluar, sangat penting bagi daya tahan tubuh bayi karena mengandung zat antibodi.
  2. ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi untuk 6 bulan pertama, karena nutrisi yang lengkap dan mudah dicerna oleh pencernaan bayi.
  3. Bayi yang diberikan ASI eksklusif 6 bulan akan memiliki pencernaan yang lebih kuat.
  4. Meningkatkan ikatan batin antara bunda dan anak karena saat menyusui terjadi kontak langsung.
  5. Menurut penelitian, anak yang mengkonsumsi ASI memiliki tingkat kecerdasan yang lebih dibandingkan yang tidak mengkonsumsi ASI.

Oleh karena manfaat yang begitu besar, maka kita harus memberikan dukungan kepada para bunda agar dapat memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan kepada bayinya. Tentu saja pemberian ASI tidak sampai 6 bulan saja. Bunda tetap harus memberikan ASI kepada buah hatinya sampai dua tahun. Sehingga dapat tercetak generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas dan kuat.

Jika semua orang sudah sadar akan pentingnya ASI, maka tercetak generasi bangsa yang sehat, cerdas dan kuat tak kan mustahil. Kualitas generasi penerus bangsa ini akan meningkat dan tentu saja jika anak-anak bangsa ini sehat dan cerdas maka tak khayal lagi bangsa kita bangkit menjadi bangsa yang lebih maju dan kuat.
Dengan semangat hari Kebangkitan Nasional, bangkitkan pula kesadaran akan pemberian ASI kepada anak Indonesia.

Ayo bunda berikan ASImu pada bayimu!!!






"Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Indonesia Bangkit di BlogCamp"







Comments

  1. Saya telah membaca dengan seksama artikel diatas.
    Akan segera saya daftar
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. makasih pak dheeee... hihihi seneng deh.. Ini kali pertama saya ikut kontes nulis,.. ^^

    ReplyDelete
  3. senangnya yang bisa ngasih ASI
    saya gak berhasil loh bunda...hiks2

    sy follow yah..

    ReplyDelete
  4. Makasih udah mau follow..

    Nanti anak selanjutnya harus bisa bundaaaa... Pasti bisa!

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Betul mbak Yunda,,, Ga ada Sufor semahal apapun yang bsa nandingi ASI.. ^^

      Delete
  6. heheh...amin...
    Tapi rasanya cukup satu anak aja dulu deh..hehehehe

    ReplyDelete
  7. Wuiihhh.. belum ada rencana nambah ne...??

    Padahal Aley dah gede tuuhh... hihihi

    Ya pokoknya kalo nt dapet momongan lagi harus bisa ASI eksklusif.. Diusahakan ya bund... ^^ Semangat!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau ASI Banyak? Yakin Kuncinya... :D

Aku mau berbagi cerita masalah ASI ku yang berkurang berapa minggu aku masuk kerja setelah melahirkan.
Guna memberikan ASI Ekslusif kepada anakku, aku udah menyiapkan segala sesuatunya sebelum masuk kantor setelah selama 2 bulan cuti setelah melahirkan... uuuuhhhhh.... rasanya berat banget ninggalin Dzaky, diakan lagi lucu-lucunya... ga tegaaaaaaaa!!!!! tapi ya gimana lagi. AKU HARUS BISA!!!!
Menyiapkan peralatan untuk Memerah ASI di kantor agak membuatku berpikir "Ribet!" Awalnya aku berpikir begitu. Bayangkan aja setiap hari aku harus membawa cooler bag, botol penyimpan asi, pompa, lap... tapi setelah dijalani ga seribet bayanganku (makanya jangan bayangin yang ribet-ribrt)hehehehe...
Berapa minggu berjalan lancar,, tapi,,, tapi,,,, tapi apa yang terjadi dengan ASI??? Tiba-tiba ASI ku berkurang.. Kenapa ini??? AKu sedih... :( Bagaimana nasib anakku...
yang biasanya aku bisa mompa 150ml an sekali mompa, ini untuk mendapatkan 100ml aja begitu susah. Aku bertanya kesana kemari, a…

Menggulung Lidah

Menggulung lidah.. Mungkin untuk sebagian orang hal ini sangat mudah dilakukan, tapi jangan salah,  untuk sebagian orang lainnya bisa jadi hal ini sangat susah bahkan tidak bisa melakukannya. Awalnya sih enggak begitu "ngeh" kalo hal ini bisa menjadi sangat menarik. Karena di keluargaku semuanya bisa menggulung lidah. Apa susahnya coba. Gampang sekali kan menggulung lidah? Itu pendapatku dulu.

Tapi hal ini menjadi menarik ketika tahu bahwa sebagian besar dari keluarga suamiku enggak bisa menggulung lidahnya. Hahaha sempet yang ketawa geli gitu lihat orang enggak bisa menggulung lidahnya. Astagfirullaaahhh... Langsung deh keinget sama pelajaran sewaktu di SMA. Pelajaran biologi mengenai gen. Hayo siapa yang masih inget? Hahaha jangan dikira aku masih inget dengan jelas juga ya.

Yang aku inget sih cuma sebagian kecil aja dari  keseluruhan isi bab mengenai gen tersebut. Antara lain mengenai sifat-sifat manusia itu diwariskan kepada keturunannya melalui gen. Gen ini ada yang be…

Anakmas : Kau Tak Seperti Dulu Lagi ^^

Hai hai bundaaaa... Masih inget ga jajanan yang paling terkenal sejagat raya waktu jaman masih kecil??? hahahaha *mulai lebaynyaaa ^^
Hayoooo diingat-ingat lagi... Ada yang sudah ingat??? Ada yang inget anakmas ga?? Inget? Inget?? Mau?? Mau??
Samaaaa.... :D bunda jugaaa kangen banget ma jajanan yang satu itu. Waktu itu kayaknya harganya Rp.150... Wiiidiiihhhh... inget benerrr,. Ya inget dunk, wong setiap kali punya uang yang dipikirin cuma anakmas. Setiap dapet uang berapapun yang dipikirin, uang ini bisa dapet anak mas berapa ya??hahaha *anak2labil

Nah kemarin-kemarin ada temen yang nawarin, mau anakmas ga?? Langsung dunk bunda jawab dengan semangt 45 "Mauuuuuu!!!!" Ternyata di group BB ada yang jual anak mas. Pesen banyak dunk. Kita bagi berduaaa... Dan kemarin pesanan dateng :D
Perasaan bunda langsung dag dig dug dueeerrr gituuu, kayak mau ketemu temen lama gituuuhhh... Dan pas liat pertama agak kecewaaaa... Loohhh kok tampilannya gini?? Hmmm terus ga ada bumbu sachetnya?…